Home » » Apa Sebabnya Transistor RF Cenderung Mahal?

Apa Sebabnya Transistor RF Cenderung Mahal?

Apa Sebabnya Transistor RF Cenderung Mahal? - Mengapa Transistor RF Cenderung Mahal ?
Secara umum, transistor bipolar maupun FET baik daya rendah (low-power) maupun daya besar (high-power) diproduksi dengan proses yang sama. Lalu, apa yang membuat transistor RF cenderung lebih mahal dibandingkan dengan transistor biasa / frekuensi rendah ?


Transistor RF bipolar seperti 2SC1971 misalnya, atau transistor RF jenis MOSFET seperti RD15HVF1, di buat dengan proses yang hampir sama dengan transistor transistor frekuensi rendah / transistor pada umumnya baik untuk daya besar (high power) maupun daya rendah (low power). Tapi, kalau transistor frekuensi rendah diproses secara sama seperti transistor frekuensi tinggi (RF), lalu kenapa harga keduanya bisa berbeda jauh? Sebagai pembanding, silahkan tanyakan ke toko elektronik di tempat anda. Berapa harga transistor FCS9014 yang asli dibandingkan dengan transistor 2SC2538 yang asli ? atau transistor 2N3055 dengan transistor 2SC1946A yang sama sama asli.

Yang menyebabkan mahalnya transistor frekuensi tinggi adalah bahan material untuk pembuatannya dan teknologi pembuatannya. Material epitaxial sering digunakan untuk pembuatan transistor frekuensi tinggi. Transistor tersusun dari 3 potong material semikonduktor misalnya silicon yang digabungkan menjadi satu. Dengan kata lain, ke 3 material semikonduktor tersebut disambung sambung menjadi satu. Pada transistor jenis epitaxial, sambungan antar masing masing material semikonduktor tersebut disisipi semacam sekat pemisah yang terbuat dari lapisan film tipis. Dengan menyisipi lapisan film tipis pada masing masing sambungan semikonduktor tersebut, maka kecepatan dan performa transistor akan meningkat. Hampir semua transistor RF berjenis epitaxial. Selain itu, struktur internal transistor RF juga dibuat sedemikian rupa untuk meminimalisir efek efek yang merugikan pada frekuensi tinggi misalnya efek kapasitansi dan induktansi yang harus dibuat seminimal mungkin pada transistor RF. Seperti yang kita ketahui bahwa efek induktansi dan kapasitansi liar pada struktur internal transistor frekuensi tinggi akan sangat mempengaruhi kinerjanya. Selain itu, struktur internal transistor RF memang lebih susah untuk didesain dibanding transistor biasa.

Transistor power RF juga harus mampu mendisipasikan panas pada die transistor secara baik sehingga temperature-nya bisa terjaga, agar tidak overheating dan menyebabkan kerusakan transistor. Perhatikan bentuk transistor RF seperti 2SC1946A, 2SC2782, 2SC2694, dll. Bentuk transistor RF tersebut terkesan aneh dan nyeleneh. Tapi jangan salah, bahwa bentuk yg demikian itu memang desain final dari pabriknya. Ingat, bahwa desain transistor yang digunakan untuk frekuensi tinggi itu tidak bisa sembarangan. Seperti yang telah dijelaskan di atas, desain bentuk transistor RF yang sedemikian rupa, tujuannya untuk mengurangi efek kapasitansi dan induktansi liar pada transistor. Karena kapasitansi & induktansi liar mempunyai pengaruh yang tidak bisa di abaikan pada aplikasi aplikasi frekuensi tinggi. Berbeda misalnya untuk aplikasi frekuensi rendah seperti frekuensi audio.

Selain itu, yang mempengaruhi harga transistor RF adalah permintaan pasar. Kebutuhan pasar terhadap transistor RF tidak sebanyak transistor untuk keperluan biasa / keperluan umum. Semakin banyak permintaan pasar terhadap suatu komponen, maka biaya produksi bisa lebih murah. Itulah sebabnya, mengapa komponen komponen yang langka dipasaran harganya lebih mahal dibanding dengan komponen komponen yang sudah umum dipasaran. Komponen yang umum dipasaran tentunya memiliki permintaan pasar yang jauh lebih tinggi dibanding dengan komponen yang tidak umum.

Sumber referensi :
“ Radio Frequency Transistors: Principles and Practical Applications “
By Norman Dye, Helge Granberg, Newnes Publisher 2001


8 komentar:

  1. ternyata material dan teknologinya ya kang..hasilnya juga jelas beda dengan yang biasa ya kang....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul kang, maka dari itu sekarang final atau kompomem untuk RF rada susah.

      Hapus
    2. nyanyi: buat apa susah, susah itu tak ada gunanya

      Hapus
    3. ikutan nyanyi: di sini senang, di sana senang~

      =D

      nyimak yaa, Kang :)

      Hapus
  2. sejak dulu saya takjub dengan penemuan benda yang sekecil ini mas, apalagi manfaatnya luar biasa dalam segala elektronik

    BalasHapus
  3. Mantap artikelnya, Sukses selalu ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ohh jadi memang ada nilai plusnya to Kang, sehingga dia lebih mahal harganya. jadi tau, saya.

      Hapus
    2. ishmah juga, mas *ngekorinmaszach lol

      Hapus

Sempatkan Waktu Untuk Berkomentar
Komentar anda salah satu penunjang keberlangsungan blog ini.
WARNING!!!! jangan meninggalkan link hidup/Spam,Atau sejenisnya.
Terima kasih atas supportnya.

Random post

Entri Populer

Archive