Home » » Cara Pemasangan CDI Kabel Lima Warna Pada Motor

Cara Pemasangan CDI Kabel Lima Warna Pada Motor

Cara Pemasangan CDI Kabel Lima Warna - Selamat siang selamat berjumpa kembali dengan admin zigzoor, baiklah pada hari ini kami disini akan berbagi tentang cara pemasangan kabel CDI pada kendaran bermotor anda.

Baiklah, banyak yang bingung dengan banyaknya macam warna kabel CDI yang terdapat pada rangkaian tersebut, sehingga banyak sekali yang kebingungan harus kemana menyambungkan jalur-jalur kabel tersebut. Nah untuk sekedar pengetahuan saja, walaupun sebagian tulisan berikut tidak semuanya saya yang menulis, tapi ada baiknya kita sebarkan hanya untuk menambah pengetahuan, mudah-mudahan yang menulis maupun mengcopy tulisan ini mendapatkan pahalanya. Aamiin.

Warna kabel pada setiap pabrikan motor memiliki standart sendiri sendiri, artinya warna kabel yang dibuat oleh produsen masing masing pembuat kendaraan sepeda motor tidaklah sama. Mengapa dibuat seperti itu ?? Sebab hal ini akan mempermudah kita dalam melakukan perbaikan jika terjadi kerusakan pada kendaraan nantinya. Selain itu juga agar tidak salah sambung, sebab setiap motor memiliki designer yang berbeda, pastinya sistem kelistrikannya pun berbeda pula. Hal ini juga merupakan rahasia tiap-tiap rancangannya agar tidak mudah untuk ditiru dan menyamakan antara sistem kelistrikan yang di buat oleh masing masing produsen kendarakan bermotor.

Di bawah ini kumpulan arti warna pada sistem kelistrikan motor anda :

1. YAMAHA

Hitam : (-) Masa, berlaku untuk semua negatif
Merah : (+) Arus positif dari Aki
Kuning : (+) Lampu depan jauh
Hijau : (+) Lampu depan dekat
Coklat : (+) Sein kiri
Hijau : (+) Arus beban (penerangan dll)
Putih-Merah : (+) Pulser CDI
Hijau-Hitam : (+) Rem 

2. HONDA

Hijau : (-) Masa, berlaku untuk semua negatif
Merah : (+) Aki
Hitam : (+) Kunci kontak
Putih : (+) Alternator pengisian (+) Lampu dekat
Kuning : (+) Arus beban ke saklar lampu
Biru : (+) Lampu jauh
Abu-abu : (+) Flaser
Biru laut : (+) Sein kanan
Oranye : (+) Sein kiri
Coklat : (+) Lampu kota
Hitam-Merah : (+) Spul CDI
Hitam-Putih : (+) Kunci kontak
Hitam–Kuning : (+) Koil
Biru-Kuning : (+) Pulser CDI
Hijau-Kuning : (+) Lampu rem

3. SUZUKI

Hitam-Putih : (-) Massa, berlaku untuk semua negatif
Putih-Merah : (+) Pengisian dari magnet
Kuning-putih : (+) Untuk ke penerangan
Merah : (+) Aki
Oranye : (+) Kunci kontak
Abu-abu : (+) Lampu belakang
Putih-Hitam : (+) Lampu rem
Hijau muda : (+) Sein kanan
Hitam : (+) Sein kiri
Kuning-putih : (+) Lampu depan
Putih–Biru : (+) Koil ke CDI
Biru-Kuning : (+) Pulser ke CDI

4.  KAWASAKI

Hitam-Kuning : (-) Masa
Putih-Merah : (+) Aki
Merah-Hitam : (+) Lampu depan jauh/dim
Merah-kuning : (+) Lampu depan dekat
Abu-abu : (+) Sein kanan
Hijau : (+) Sein kiri
Biru : (+) Lampu rem
Merah : (+) Lampu belakang
Coklat : (+) Klakson




Gambar di bawah ini merupakan gambar susunan arti tiap pin pada CDI motor :








Gambar diambil dari sumber yang sama.


Semoga bermanfaat.
Sumber : http://www.eyuana.com/2013/02/warna-kabel-dan-cdi-motor-anda.html?


12 komentar:

  1. aku sendiri juga bingung dengan jenis banyak warnanya. beda dengan arus listrik rumah yang umumnya cuma tiga warna.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul kang, makanya saya juga menyimpan sebagian artikel ini.

      Hapus
  2. lumayan masih bingung :D tapi makasih kang ilmunya

    BalasHapus
  3. Berkunjung di mari seperti sedang kuliah jurusan teknik elektro, hehehehe piss :)

    BalasHapus
  4. bagaimanapun saya bisa mahamin ilmu tentang cara pasang kabel CDI, niscaya ngga akan pernah saya lakukan sendiri, sebab....saya mah ngga pengen ngambil rezeki tetangga saya yang buka bengkel atuh kang...maaf yah...:-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, terserah dah, terseraah

      Hapus
  5. kebetulan saya pengguna kawasaki...tips ini sangat penting bagi saya..terimakasih sudah berbagi ilmu sobat...
    keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

    BalasHapus
  6. yang Honda langsung saya catteet ya Kang Zig. mantap abis. keren buat nambah pengetahuan.

    BalasHapus
  7. wah lengkap banget mas azie keterangannya.. jujur saja sampai saat ini saya angkat tangan mas kalau di suruh otak atik tentang motor.. nggak ngerti sama sekali, cuma bisa bongkar tanpa bisa pasang kembali hehehehehehe

    BalasHapus
  8. Makasih sangat membantu bgi kaum awam kalo kelistrikan di mtr itu tdk semudah kelistrikan rumah

    BalasHapus
  9. Kang positif sama negatif pulsernya yg mana

    BalasHapus

Sempatkan Waktu Untuk Berkomentar
Komentar anda salah satu penunjang keberlangsungan blog ini.
WARNING!!!! jangan meninggalkan link hidup/Spam,Atau sejenisnya.
Terima kasih atas supportnya.

Random post

Entri Populer

Archive