Home » » Rangkaian Osilator Pemancar FM Mini

Rangkaian Osilator Pemancar FM Mini

Rangkaian Osilator Pemancar FM Mini - Selamat pagi semuanya..., bagaimana kabarnya di pagi hari yang mendung ini ?. Mungkin akhir-akhir ini cuaca masih kurang bersahabat barangkali yah, soalnya masih banyak yang mengabarkan cuaca di awal tahun 2014 ini sangatlah buruk. Sebagaimana sudah kita simak dari berbagai media pemberitaan, seperti dari radio ataupun televisi bahwasanya bencana masih terus saja melanda negeri tercinta kita ini, dari mulai banjir di jakarta, banjir bandang di gorontalo dan masih banyak lagi kota-kota yang lainnya, dan belum lama ini juga bumi indonesia diguncang gempa bumi. Kalau nggak salah terletak di profinsi Jawa Tengah yang terjadi di Daerah Kebumen, besar guncangan menurut BMKG berkisaran 6,5 skala rikhter. Tapi alhamdulillah tidak sampai memakan korban, mudah-mudahan saja dengan adanya bencana ini manusia bisa sadar yah sob.

Back To Topik - Oh ya beberapa saat lalu saya sudah menulis tentang tutorial pembuatan radio pemancar FM, malahan saya sudah memberikan komponen apa saja yang harus persiapkan untuk merakit pemancar FM tersebut. Nah kali ini kita disini akan memberikan skema dasar atau inti dari pesawat pemancar tersebut, yaitu Osilator. Apa itu Osilator? osilator adalah rangkaian yang dibuat khusus untuk membangkitkan gelombang RF untuk menentukan ada tidaknya frekwensi yang terdapat pada gelombang FM, pemancar FM tidak akan berpungsi tanpa adanya osilator.

Nah dari pada penasaran baiklah, kali ini saya akan memberikan Skema Rangkaian Osilator FM Pemancar Mini. Dan inilah komponen yang harus anda siapkan

  • TR 2 sc 9018- 1 buah
  • Koker - 1 buah
  • Kawat email berukuran 0,3 mm. dililit pada koker sebanyak 3 lilit.
  • Kapasitor 10 fp - 3 buah
  • Kapasitor 20 fp - 1buah
  • Kapasitor 1 n / 102 - 1 buah
  • Kapasitor  100 n / 104 - 1buah
  • Resistor 5 k 6 - 2 buah R.15 k satu buah dan R.1k satu buah.
Koker

Nah itulah daftar komponen yang harus anda persiapkan untuk membuat osilator tersebut, osilator ini bekerja pada frekwensi 88.mhz sampai dengan 108 mhz. Rangkaian ini saya ambil dari skema Osilator pemancar mini FM Ronica. Yuk kita lihat saja skemanya di bawah.

Skema osilator Mini

Nah silahkan sobat pelajari skema di atas, walapun sudah banyak yang share tentang cara pembuatan pemancar fm tapi tidak ada salahnya juga apabila saya menulis kembali tentang pembuatannya, apalagi pemancar fm ini saya sudah buktikan kualitasnya. Walaupun tidak dipungkiri pesawat semacam ini memang pasti ada sepleteran mengenai pesawat televisi. Tapi ada juga frekwensi yang tidak terkena splet,..jadi pergunakanlah frekwensi dengaan bijak. Caranya anda cari frekwensi yang aman, tancap saja di satu frekwensi tersebut. Semoga bermanfaat.

Untuk lebih lengkapnya, sobat bisa mencari skema-skema atau tutorial cara pembuatan pemancar FM di simbah Google, lebih dan kurangnya saya mohon maaf karena semuaa ini hanyalah menurut pengaalaaman saya saja. Terima kasih.


11 komentar:

  1. wah nggak ngerti saya mas... nama-nama nya saja nggak tau saya mas.. hehehehe.. saya nol besar kalau masalah tehnik elektronik mas.. saya taunya makai saja. yah konsumen gitu lah mas.. kalau mas azie kan sudah bisa merambah produsen hehehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. He..he...nggak apa-apa mas, lumayan bisa mas pelajari, nanya saja sama guru sedunia dan guru paling pintar. mbah google siap menjawabnya.

      Hapus
  2. Saya mendukun aja deh mas aktifitas rakit merakitnya.. Eh, sory.. Mendukung maksudnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ok lah mbak, yang penting belajar.

      Hapus
  3. saya order lah...berapa total ongkos sampe keCilembu yeuh?
    kalau saya punya..kan bisa ng'brik kita...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau saya sih hanya untuk saya saja bisanya kang, kalau saja akang deket bisa saja saya buatin. kendala utamanya pembuatan pemancar fm ini hanya satu dananya.

      Hapus
  4. Ini gambarnya mirip sekali sama gambar waktu saya disuruh guru buat gambar rangkaian sistem kelistrikan body mas :D Keren ... Ternyata gak jauh beda ya ... :D

    BalasHapus
  5. kunjungan pertama sob, salam kenal. Nyimak aja soalnya gak begitu paham tentang elektro, jangan lupa kunbal ke blog saya http://zamusik.blogspot.com

    BalasHapus
  6. waahhh.. berarti kita bisa bikin hard rock fm sendiri donk ya?
    :D

    BalasHapus
  7. wah agak pusing juga liat gambar rangkaiannya ya kang :D

    haturnuhun kang elmuna, dibungkus dulu

    BalasHapus

Sempatkan Waktu Untuk Berkomentar
Komentar anda salah satu penunjang keberlangsungan blog ini.
WARNING!!!! jangan meninggalkan link hidup/Spam,Atau sejenisnya.
Terima kasih atas supportnya.

Random post

Entri Populer

Archive