Home » » Sibuk Ngebrik Di Radio FM

Sibuk Ngebrik Di Radio FM

Sibuk Ngebrik Di Radio FM - Hai sobat blogger, lama nggak blogging rasanya kangen banget dengan zigzoor blog. Hampir dua minggu sudah saya nggak nongol dan membuat artikel di blog ini, kenapa saya jarang update?, Akhir-akhir ini saya sedang sibuk merangkai pemancar Radio FM, sebenarnya saya sudah dari 10 tahun kebelakang mengenal istilah pemancar FM. Namun dikarenakan banyak kendala akhirnya saya vakum didunia briker hampir 8 tahun. Dan beberapa mingu ini saya tertarik kembali untuk muncul dan onair lagi didunia briker, jadi maklum sajalah yah, soalnya elektronik adalah salah satu hobi saya selain dari blogger dan blogging.

Satu minggu sudah saya terus ngoprek skema pemancar FM untuk ngebrik, dari pembuatan osilator sampai penguat atau banyak disebut dengan Buster atau final untuk menjangkau jarak yang lumayan jauh, hanya sekedar untuk ngobrol di radio FM, Alhamdulillah setelah saya memperaktekan sedikit ilmu saya pada akhirnya pemancar FM mini saya jadi dan bisa di pakai untuk broadcasting, lumayan juga sob jaraknya bisa mencapai ratusan kilo meter, sampai-sampai saya bisa ngobrol seru dengan orang dari luar daerah, seperti daerah jawa tengah, Garut bahkan sampai keKota Bandung.

Sebenarnya rangkaian pesawat FM mini ini sangatlah sederhana, soalnya saya hanya menggunakan Transistor 2 SC 930 hanya 7 buah/biji di tambah transistor 2 SC 9018 unuk osilatornya. Dari rangkaian tersebut ada beberapa komponen untuk memperlengkap dan menambah daya pancar FM supaya jangkauannya jauh, diantaranya Resistor 47k dua buah ditambah 15k satu dan resistor 1k tiga buah, untuk memberi arus saya menggunakan kabel email dililit sampai lima lilit dan sembilan lilit dengan menggunakan kabel berdiameter 7 mm. Untuk menghilangkan penasaran sobat blogger, sobat bisa melihat gambar pemancar FM mini yang saya buat, sobat bisa melihat gambarnya di bawah.

PCB skema pemancar FM jarak jauh
Skema PCB rangkaian FM buatan Admin
Pemancar Mini Osilator tuner FM
Pemancar FM siap pakai
Pemancar Mini FM
Pemancar FM mini sudah ON AIR
Nah sobat blogger itulah sedikit info tentang kesibukan saya beberapa hari ini, untuk info selanjutnya mungkin saya akan lebih banyak lagi membahas tentang Radio atau pemancar FM bahkan cara pembuatannya, sekian dulu yah, mudah-mudahan bermanfaat. Salam blogger.


27 komentar:

  1. Wiiihhh, seru niih... apalagi bisa merangai sendiri :)
    TOP deeehh mas pokok e :-bd

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hem, belum nongol juga nih tuan rumahnya :)

      Hapus
    2. Wah jaman saya dulu juga suka BRIK BRIK roger ganti. Waktu saya masih di SD di Jakarta era taon 80 an juga sdh pernah meanan seperti ini

      Hapus
  2. Wah kang, asyik ngebrik jadi lupa ngeblog nih hehe..

    BalasHapus
  3. pantesan....ngga taunya lagi demam ng'brik ya...jadi inget pacar lama...yang ng'gombalinnya via ng'brik....euy

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah lho ketahuan deh kang Lembu,,,,,,

      Hapus
  4. Nge-brik sama asik nya dengan nge-blog ya kang?

    BalasHapus
  5. Haduh, jadi inget jaman dulu waktu siaran radio deh .. :D
    Pengen buat mas .. tapi gak tau bahan-bahannya ... :O Share dong ...

    BalasHapus
  6. Kang Zig memang super banget
    superman!

    BalasHapus
  7. wah wahh.. kreatif banget si akang ini :)

    BalasHapus
  8. mantep nih... bisa siaran radio sendiri dirumah ^_^

    BalasHapus
  9. aku dulu sempat jadi penyiar radio. rasanya enak kerena bisa berkomunikasi dengan teman banyak. apalagi bisa memutarkan lagu permintaan dari pendengar ada kepuasan tersendiri.

    BalasHapus
  10. Ngebrik apa tuh gan bahasa mana ya ? :v

    BalasHapus
  11. hadeuhhh rupanya hoby lama bersemi kembali yah Kang,paingan atuh teu katempo heuheu,,okelah terus berkarya Kang and tetap semngat,,,,

    BalasHapus
  12. sedep bener nih artikel, macam experimen (y) :D

    Comment back please.. to
    http://riev-bapo.blogspot.com/2013/11/alfaonlinecom-toko-belanja-online-murah_18.html

    BalasHapus
  13. klo ada panduan videonya tambah seru wae kang, aqu iso melu niru...he.he..

    BalasHapus
  14. Ikutan nyimak aja biar ketularan ilmu merakit pemancar radio fm.

    BalasHapus
  15. Kayak nya mas bro paham betul tentang elektronika

    BalasHapus
  16. Syukurlah masih ada waktu buat ngebrik, saya saja buat BW terkadang masih kurang waktu. hehehe ... Salam sukses selalu di awal tahun 2014 ini (y)

    BalasHapus
  17. wah hebat bgt nih udh bisa ngebrik di radio fm, penegncoba nih

    BalasHapus
  18. Boleh ikutan juga nggak ???
    hehehe
    salam kenal ....


    follow blog saya ya sob
    http://infoejaman.blogspot.com
    :)

    BalasHapus
  19. salam sahabat lama ku
    Kreatif dan inovatif
    Berkunjung malam mas

    BalasHapus
  20. Selalu kreatif dan inovatif..

    Keren sobat !

    BalasHapus
  21. SAYA MAU DONG MAS RADIO RANGKAIAN NYA KUNJUNGI & FOLLOW BLOG AKU YA MAS WWW.ASEPROHIMATEA.COM

    BalasHapus
  22. Keren nih, jadi ingat tahun 80an hehehe :D

    BalasHapus

Sempatkan Waktu Untuk Berkomentar
Komentar anda salah satu penunjang keberlangsungan blog ini.
WARNING!!!! jangan meninggalkan link hidup/Spam,Atau sejenisnya.
Terima kasih atas supportnya.

Random post

Entri Populer

Archive