Home » » Tutorial membuat Bohlam Bekas Menjadi Lampu Minyak

Tutorial membuat Bohlam Bekas Menjadi Lampu Minyak

Tutorial membuat Bohlam Bekas Menjadi Lampu Minyak, Cara Membuat Lampu Minyak  Dari Bohlam Bekas - Selamat pagi sahabatku sedunia maya, terutama sobat blogger yang selalu melanglang buana di internet, beberapa hari lalu saya admin zigzoor blog pernah sharing dan menulis artikel tentang membuat lampu minyak dari bohlam bekas. Baca [Membuat Lampu minyak Dari Bohlam Bekas] sebenarnya lampu minyak dari bohlam bekas ini sudah ada dari dulu, namun entah siapa pencipta-nya, yang jelas saya juga tahu waktu itu kira-kira umur sembilan tahunan, atau lebih jelasnya 20 tahunan kebelakang.

Ok pagi hari ini saya akan memberikan tutorialnya, atau cara pembuatan lampu minyak tersebut, karena kemarin saya sudah berjanji akan memberikan artikelnya disini, kebetulan ada seorang blogger yang minta untuk di share cara-caranya, walaupun lampu minyak ini sederhana dan hampir tidak ada bedanya dengan lampu minyak yang lainnya, namun dengan cara membuat lampu minyak dari bohlam bekas ini lumayan unik. Tetapi kali ini saya akan membuat lampu minyaknya terbuat dari bohlam bekas yang biasa atau standar/kecil, Dan apa saja bahan yang harus disediakan.

Alat-alat untuk membuat lampu minyak

  1. Gunting kaleng, dan Tang.
  2. Bohlam bekas atau sudah mati/putus, yang baru juga nggak apa-apa. he...he..
  3. Bekas Kaleng susu
  4. Tutup botol minuman, tapi yang terbuat dari kaleng.
  5. lembaran kaleng yang sudah digunting panjang, kira-kira lebar 1 cm panjang secukupnya.
  6. Dua guntingan kaleng untuk sumbu dan penyangga lampu, kira-kira l x 3cm untuk penyangga lampu dan untuk sumbu 1x2 cm.
Cara Membuatnya : Ketok ujung lampu yang berada pada antara alumuniumnya sampai habis, Lakukan dengan hati-hati dan buanng kawat yang berada di dalamnya, kemudian gunting kaleng susu, ambil bagian penutup atas atau bawahnya sesuai dengan bentuk aslinya(bulat) dan lubangi pas tengah-tengah, bikin empat lubang memanjang lihat tanda panah, untuk memasukan kaleng yang sudah digunting memanjang tadi. Lihat gambar.


tutup Kaleng susu

bentuk baling-baling

Selanjutnya , anda buatlah lingkaran berbentuk cincin menggunakan kaleng yang berukuran 1x3cm tadi, caranya lekukan ujung kaleng keduanya antara 1 mm, untuk menyatukan kaleng supaya bisa nyantol dan berbentuk bulat, Selanjutnya masukan cincin tersebut ke gambar yang no 2 di atas. lihat gambar.

Cincin penyangga

cincin penyangga lampu

Kalau semua cara diatas sudah di lakukan, anda tinggal memasang lampu, di atas pada gambar no 4. Setelah itu satukan ke empat ujung kaleng pada ujung bohlam yang terbuat dari alumunium, ikatlah dengan kawat, dengan hati-hati. Setelah semuanya selesai barulah membuat tempat untuk menempatkan sumbu, yaitu terbuat dari tutup botol minuman yang terbuat dari kaleng, caranya anda tinggal membolonginya, ukuran terserah anda, dan buatlah pipanya untuk penyangga sumbu, bisa dari kaleng atau bekas antena radio/tv bisa juga dengan bekas tutup odol jadul.Lihat gambar.

tutup botol dan pipa

lampu minyak dari bohlam bekas

Selesai suadah tutorialnya sob, Ternyata bohlam bekas bisa menjadi barang berharga yah, lampu ini bisa untuk menerangi di kala mati listrik, cara pembuatannya kelihatan ribet, padahal menurut saya tidaklah begitu susah asalkan bahan-bahannya sudah ada, artikel ini saya khususkan untuk Mas Didik Wirawan dan umumnya untuk siapa saja yang memerlukan, semoga bermanfaat dan salam.


42 komentar:

  1. wah kreatif sekali kang...barang bekas jadi bisa kembali berguna. Kalau WS dulu bohlam bekas ini cuma suka dilubangi dan diisi air, lalu bisa membakar jika diarahkan ke kertas/sesuatu yg lainnya jika bohlam berisi air itu diarahkan sejajar dengan panas matahari :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh berarti siakangmah membuat LUV yah, bisa jadi kaca pembesar dan untuk menghidupkan api. bagus atuh kang, hatur nuhun.

      Hapus
    2. bahan-bahan untuk membuat lampu minyak tanah ini mudah didapat disekitar kita. Kebetulan sekali ini, aku punya antena bekas.

      Hapus
  2. akhirnya dibagikan juga tutorial membuat obor modernnya hehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. he...he...aya-ayawae kang. Lumayan kanggo lampu mati.

      Hapus
  3. Kapan2 saya coba bikin sendiri kang.trims !

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di coba kang, lumayan untuk koleksi dirumah.

      Hapus
  4. kreatif sekali sob, tampilannya pun jadi lebih nyentrik ya heheh

    BalasHapus
  5. Kang no tlp teu aktiv!?saya aya perlu yh!

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh ya, lagi di cass sekarangmah sudah aktif.

      Hapus
  6. Wah bagus nih kang, kayanya mudah tutorialnya cara bikin lampu dari bohlam bekas ini..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang mudah, kalau kang muroi mau bikin gampangkan.

      Hapus
  7. tutorialnya bisa tak jadiin bekal untuk kegiatan pemuda desa, jika ada epen, atau acara bisa bikin bohlam bekas jadi lampu teplok...pas banget untuk daerah pedesaan mah ya kang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul kang, akang bisa mereferensikannya ke pemuda desa untuk kegiatan mereka, lampu ini bagus ko bisa jadi duit kalaau ada yang beli, he...he...

      Hapus
  8. murid yang baik.
    saya sebagai gurunya pasti bangga dong, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sensei, harus bangga dong, murid pasti meniru gurunya.

      Hapus
  9. Haha, sip bisa buat ide membuat kerajinan tangan nie

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas, ini kan permintaan sampean supaya membuat artikelnya. Silahkan dicontoh yah mas.

      Hapus
  10. salam sahabatku
    Akan ku coba jua nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan sob, terima kasih sudah berkunjung.

      Hapus
  11. kreatif banget.....luarbiasa
    btw-jangan lupa ikutan GA ku ya... di http://hariyantowijoyo.blogspot.com/2013/10/masuk-neraka-siapa-takut.html salam :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih bang , biasa diluar he..he... Insya Allah kalau saya brminat saya pasti ikut.

      Hapus
  12. sangat kreatip ya, top deh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasi mas agus yang lebih top.

      Hapus
  13. Kalau ini , bohlamnya mudah didapat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastinya kang, beli juga murah, he...he...

      Hapus
  14. Ide yang kreatif dan bermanfaat ini mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lumayan kang dari pada tidak Update.

      Hapus
  15. wah kreatif sekali...sepertinya kalau dikerjakan sungguh2 dan dengan bahan yang lebih baik akan tercipta hasil yang lebih baik lagi....:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul kang, kalau saya membuatnya dengan bahan yang ada saja.

      Hapus
  16. Wah wah kreaif sekali nih. Selama ini BOHLAM bekas main saya buang saja. Hmmm jadi mikir mikir deh sekarang kalau buang Bohlam sembarangan. Masih ada cara lain untuk memanfaatkannya menjadi barang berguna

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya segala sesuatu, berbentuk barang bekas kalau kitanya kreatif bisa berguna lagi.

      Hapus
  17. kreatif,,,,,,,,

    kapan" nyoba,,,,,
    mnta tolong ma sepupu yg cowok,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih mbak, silahkan coba membuatnya.

      Hapus
  18. kreaif banget kang, bisa buka bisnis baru tuch..

    BalasHapus
  19. idenya ada aja nih..

    thx sharingnya !

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih untuk anda berdua, mbak iis dan mas capung, semoga sukses selalu.

      Hapus
  20. Kunjungan perdana,
    Unik juga ya mas!
    memanfaatkan barang bekas untuk berkreasi,
    ramah lingkungan lagi sob.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas, barang bekas yang bermanfaat sebenarnya banyak, yah begitulah mas.

      Hapus

Sempatkan Waktu Untuk Berkomentar
Komentar anda salah satu penunjang keberlangsungan blog ini.
WARNING!!!! jangan meninggalkan link hidup/Spam,Atau sejenisnya.
Terima kasih atas supportnya.

Random post

Entri Populer

Archive