Home » » Membuat Lampu minyak Dari Bohlam Bekas

Membuat Lampu minyak Dari Bohlam Bekas

Membuat Lampu minyak Dari Bohlam Bekas - Wahahaha ..ada-ada saja lagi nih, artikel ini muncul karena terinsfirasi dari seringnya mati lampu PLN di tempat saya. Saya heran kenapa lampu listrik ditempat saya sering banget mati, kadang dalam satu hari sampai dua tiga empat sampai lima kali padam. Walaupun hanya sebentar-sebentar matinya, namun dari efek keseringan mati alat elektronik punya saya sampai ada yang mati, contohnya Pompa air Sirkulasi kolam ikan saya sudah dua rusak. Kerusakannya akibat sering lampu mati, rata-rata rusak pada kincir penyedot air, bagian speleng  kincir lepas atau patah semua. Kalau menurut saya itu akibat tekanan setrum yang mendadak mati lalu hidup lagi, sehingga kincir-kincir tersebut langsung kenceng, kalau keseringan maka akan mengakibatkan sambungannya patah, karena bahannya terbuat dari plastik atom.

Back to topik - Karena memang ditempat saya jauh dari pusat listrik/Central-nya, jadi kemungkinan, trafo tegangannya yang nggak kuat karena beban terlalu banyak, sehingga sering kali soak, mati bahkan spaneng. Bayangkan saja, ceritanya saya sudah memakai paket sampai 1200 yang tadinya hanya 800, karena saya penasaran dengan tegangan listriknya yang tertulis 220 V, setelah saya cek ternyata kurang, bahkan kalau malam hanya bisa mencapai 170 V, praktis alat elektronik saya banyak yang tidak bisa digunakan malam hari, seperti Komputer, solder dan setrika, itu sudah jelas total berhenti dan baru bisa digunakan siang hari saja.

Dan solusi untuk menanggulangi kegelapan saat listrik mati saya punya ide untuk membuat lampu minyak yang saya buat dari bohlam, kalau pungsinya sih sama saja denga lampu minyak yang lainnya, namun mungkin dari bentuknya saja yang agak berbeda dengan lampu minyak lainnya. Penasaran silahkan sobat lihat gambar lampu minyak-nya di bawah.

Bohlam dan kaleng
Peralatan  : Bohlam yang sudah di buang dalamnya tutup dan kalengnya
Gambar zigzoor blog
lampu minyakdari bohlam bekas
Dan inilah hasilnya, kebetulan ujungnya patah, saya robah jadi nggak   lancip.
Untuk demonya saya nggak sertakan, karena yang agak sulit mencari minyak tanahnya, yang kebetulan saya belum beli. Untuk cara pembuatannya insya Allah kapan-kapan saya tulis artikelnya disini, nah sob itulah sedikit artikel sharing saya kali ini tentang Cara membuat lampu minyak dari bohlam bekas, mudah-mudahan artikel ini bermanfaat, salam.


20 komentar:

  1. Wah bagus untuk di coba gan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkam di coba, membuatnya cukup dengan bohlam bekas kaleng di tambah pentil motor/bunglon.

      Hapus
  2. wah kreatif nih kang, saya dulu juga pernah buat lampu seperti itu juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lumayan kang ngirit, memang lampu ini dulu juga sudah ada yang buat mas, tapi sudah lama banget.

      Hapus
  3. kalo saya gurunya, anak yang bisa bikin ini, pekerjaan tangannya bakalan saya minta buat dibawa ke rumah, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kenapa atuh nggak jadi guru saya, ntar juga bisa bikin sendiri, dicoba membuatnya kang.

      Hapus
  4. wah mas azie kreatif banget nih... itu fungsi kalengnya hanya untuk tempat berdirinya bohlam jadinya ya mas.. berarti bisa di ganti dengan yang lain donk.. hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas, hanya tutupnya, tapi kaleng yang oren digunting dan dianyamkan ke badan bohlam.

      Hapus
  5. kreatif sekali, itu bekas bohlam apa ya ? kok gede banget.
    Tempatku juga sering mati listrik, tv dan kulkas yang menjadi korbannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu bohlam untuk dirumah, cuman watt-nya gede.

      Hapus
  6. wahh inspiratif banget
    cocok buat jaga jaga kalo mati lampu juga nih :D

    lama tidak mampir, saya sob -_-
    pas mampir ternyata pengunjungnya juga tambah banyak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih, iyah sobat kemana saja? terima kasih sudah sudi mampir.

      Hapus
  7. Si akang bener2 kreatif.kmaren ngarakit radio ,ayeuna nyieun lampu minyak!pesan 1 w kang !

    BalasHapus
    Balasan
    1. tamba nganggur kang inget dirumah listrik suka padam, nggak ada lampu, ya bikin saja dengan bohlam bekas. lumayan unik juga.mau ?datang ketempat saya.

      Hapus
  8. wah perlu di coba ni trmksih sob infonya.

    BalasHapus
  9. keren kang, kreatif sekali nih aka..hehe

    sayang sekali ya Kang, minyak tanah mahal banget.

    BalasHapus
  10. dalam kesempitan kita harus memanfaatkan benda seadanya bos
    share donk tutornya

    BalasHapus

Sempatkan Waktu Untuk Berkomentar
Komentar anda salah satu penunjang keberlangsungan blog ini.
WARNING!!!! jangan meninggalkan link hidup/Spam,Atau sejenisnya.
Terima kasih atas supportnya.

Random post

Entri Populer

Archive