Home » » Memanfaatkan Jerigen/Kompan Bekas

Memanfaatkan Jerigen/Kompan Bekas

Memanfaatkan Jerigen/Kompan Bekas - Cara membuat "Serok Sampah/ Ikrak/ Pengki". Jerigen / Kompan bekas, memang kalau dilihat sangatlah banyak manfaatnya. Selain untuk wadah minyak, air, dan bahan-bahan cair yang lainnya, ada satu lagi manfaat dari sebuah jerigen atau kompan (B.Sunda) bekas ini, yaitu untuk dibuat menjadi barang yang lebih bermanfaat di antara nama-nama di atas. Bentuk dan cara pembuatannya sangatlah sederhana, karena memang benda tersebut hanya untuk menjadi media pembersih saja, apakah nama media yang terbuat dari jerigen bekas tersebut? Semua orang pasti sudah mengenal dan pernah menggunakannya, hayo...apa hayo...


Kompan/jerigen minyak kelapa

Baiklah disini saya akan membahas tentang memanfaatkan barang bekas lewat media jerigen/kompan bekas. Oh ya sebelumnya kemarin saya sudah memberikan tutorial cara pembuatan lampu dari bohlam bekas, baca : "Tutorial membuat Bohlam Bekas Menjadi Lampu Minyak", nah dan kali ini sama saja masih menggunakan media barang bekas yang berada diseputaran rumah kita, sayangkan apabila ada barang bekas yang berserakan dirumah, dan apabila kita melihat masih ada sedikit kegunaanya, untuk apa kita tidak menggunakannya. Apalagi ini untuk kebersihan, biasanya kita memandang jerigen bekas ini dengan sebelah mata, dengan nama barang bekas, butut dan sampah. Baiklah dengan mengalihkan pungsi barang bekas tmenjadi barang yang bermanfaat dan bisa kita gunakan.

Lalu apa nama media tersebut? Namanya adalah,"Serok Sampah/ Ikrak/ Pengki". Nah sobat itulah nama media yang terbuat dari jerigen bekas minyak, kalau nggak salah berat minyak keseluruhannya 5 Kg. Dan inilah gambar dari bentuk "Serok Sampah/ Ikrak/ Pengki".

Pengki/ikrak dan sapu lidi

Alat Pembersih Sampah

Nah itulah penampakan ikrak/pengki atau serokan sampah yang terbust dari jerigen bekas minyak, sebenarnya pakai media kaleng bekas kue juga bisa, namun dari segi kekuatan, lebih kuat dari jerigen. Karena bahannya terbuat dari plastik, maka sudah jelas tidak berkarat, disamping itu tidak mudah patah karena rada-rada lentur. Dalam proses pembuatannyapun tidak terlalu menguras tenaga, sobat hanya cukup menggunting jerigennya dan bentuklah sedemikian rupa dengan bentuk asli pengki/ikrak, selesai menggunting dan membentuknya anda hanya cukup membuat gagang untuk peganngannya yang terbuat dari kayu atau bambu, dan selesailah membuat serokan sampah yang terbuat dari jerigen/kompan bekasnya, selanjutnya alat pembersih sampah tersebut tinggal memakainya. Semoga bermanfaat.


15 komentar:

  1. ini persis seperti yang biasa kami lakukan di rumah :D
    dijadikan pengki atau tempat air hehee

    BalasHapus
  2. plastik gk terurai olh tanah jd baikx emank dimanfaain aja.., drpd dibuang.., makasih *smile

    BalasHapus
  3. Betul-betul kreatif si akang..patut dicontoh nih, bahan dan cara membuat serokan sampah ini murah dan terdapat di rumah kita. Terima kasih infonya kang.

    BalasHapus
  4. wah pokona mah kreatif kang, dirigen daripada dibuang bisa juga dimanfaatkan buat pengki yah...

    BalasHapus
  5. bisa memanfaatkan barang yang sudah tidak terpakai Kreatif pisan si akang!

    BalasHapus
  6. wah kreatif banget, yang awalnya untuk tempat minyak jadi tempat untuk ngeduk sampah. ^^

    BalasHapus
  7. Kalau di desa saya malah digunakan pot, tapi sebelumnya dibersihkan dahulu mas bro!

    BalasHapus
  8. hahaha di rumah saya juga pake seperti itu mas.. mas azie kenal cikrak juga to hahaha... memang sangat mudah membuatnya dan kegunaannya tidak kalah sama ciklrak yang dari beli ya mas.. hehhehe

    BalasHapus
  9. Kreatif banget kang :)
    Memanfaatkan barang bekas jd sesuatu yg berguna...

    BalasHapus
  10. @All Comment : terima kasih atas partisifasinya teman-teman blogger, maaf saya nggak bisa jawab semua, maklum lagi sibuk.

    BalasHapus
  11. Alat kebersihan yang wajib ada pada setiap rumah. Bersih itu sehat. Bersih itu nyaman. Alatnya pun dapat dibuat dari barang bekas seperti jerigen ini. Bila kreatif barang bekas dapat mempunyai 'nilai tambah' yang berguna bagi kita. Terima kasih infonya. Salam cemerlang!

    BalasHapus
  12. murah meriah serokan sampahnya. sungguh kreatif ,kalau aku biasanya untuk tempat bensin.

    BalasHapus
  13. ideu bagus nih,ditempat saya banyak banget jrigen bekas minyak,dari yang kecil sampai yang besar,,,,,kudu dicoba nih daripada harus beli pengki,,,,,

    BalasHapus

Sempatkan Waktu Untuk Berkomentar
Komentar anda salah satu penunjang keberlangsungan blog ini.
WARNING!!!! jangan meninggalkan link hidup/Spam,Atau sejenisnya.
Terima kasih atas supportnya.

Random post

Entri Populer

Archive