Home » » Tips Merawat Modem Biar Awet

Tips Merawat Modem Biar Awet

Tips Merawat Modem Biar Awet - Artikel ini saya tulis berdasarkan dari pengalaman admin yang memakai modem untuk browsing, googling, chatting, facebook-an dan lain sebagainya, yang mana tentunya kita melakukan semua itu pasti menggunakan Modem atau Wi-fi untuk membukanya. Nah, pada kesempatan malam hari ini saya akan membagikan sedikit tips merawat modem tersebut biar awet, baik itu modem USB CDMA ataupun GSM, ada beberapa point yang harus anda perhatikan didalam menggunakan perangkat tersebut biar awet.

Tips Merawat Modem Biar Awet
Foto zigzoor blog.
Biasanya apabila kita sudah internetan suka lupa waktu, bahkan kita tidak menyadari bahwa kinerja modem yang terus-terusan kita pakai sampai berjam-jam bahkan seharian, prilaku tersebut bisa merusak komponen dari perangkat akibat kepanasan, bahkan modem bisa mati. Ada beberapa hal yang prlu kita perhatikan untuk merawatnya. Lantas apa yang harus kita lakukan? sudah banyak kasus perangkat modem mati secara mendadak, UIM atau SIM Card erorr bahkan sinyal bisa menghilang.

Untuk mengantisipasi kasus di atas ada beberapa hal yang harus di lakukan diantaranya adalah.
  1. Jangan terlalu lama memakai modem tanpa kabel perantara.
  2. Selalu gunakan sambungan USB, supaya arus panas bisa di toleransi oleh kabel
  3. Tambahkan blower untuk mendinginkan panas akibat terlalu lama di pakai
  4. Selalu menyimpan modem di tempat terbuka saat di pakai, agar sirkulasi udara perangkat bisa bekerja. 
Itulah empat point di atas yang harus anda perhatikan, tips ini saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi saya sendiri karena saya sudah menggunakan modem tersebut hampir lima tahun, dan cara di ataslah yang saya praktekan dan memang terbukti awet, modempun bisa hidup sampai detik ini dengan stabil. Semoga bermanfaat.


26 komentar:

  1. wah sip deh mas.. memang modem akan panas bila terlalu lama di pakainya, apalagi yang namanya ngeblog itu biasanya sering lupa waktu..

    tips di atas wajib di lakukan agar modem tetap awet ya mas.. mungkin memakai blower dan menggunakan kabel penghubung sangat bagus untuk mencegah modem panas... terimakasih tipsnya mas.. nanti kalau saya sudah punya modem akan saya laksanakan hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mas, oh iya mas nady ngeblognya nggak pakai pc. tapi nggak apa-apa biar mas nady bisa merawat modem apabila nanti sudah ada.

      Hapus
  2. ternyata harus pakai kabel ya agar panasnya bisa diserap oleh kabel dan bukan oleh modem.... :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas, maksud memakai kabel penghubung untuk mengurangi panas yang terlalu, sehingga modem tersebut awet, kadang kalau modem terlalu panas bisa membuat sim card menjadi melengkung.

      Hapus
  3. itu kok dikasih kipasnya powerr suply mas ? apa tidak malah panas kena radiasi power supply

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh itu, itu power suply yang sudah tidak saya pakai, yang saya pakai hanya kipasnya saja. sudah di modivikasi.

      Hapus
  4. ohh harusnya gunakan sambungan ya Kang
    top, makasih deh Kang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul kang, biar awet. sama-sama.

      Hapus
  5. Ternyata pakai kabel modem perlu ya gan, selama ini modem gue panas banget.
    Thanks gan sarannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perangkat panas itu sudah biasa karena bekerja, tapi kalau panas berlebihan bisa mengakibatkan kerusakan, walaupun tidak langsung mati, namun daya tahan perangkat sedikit demi sedikit akan berkurang akibat keseringan panas yang terlalu.

      Hapus
  6. Terima kasih kang...menarik nih tipsnya
    Buat di coba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama kang, silahkan di coba saja.

      Hapus
  7. Dengan tips diatas setidaknya kita tau untuk membuat modem awet wah oke nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, memang sudah terbukti. bukti otentic saya sendiri. Namun kalau melihat elektronik sekarang banyak yang KW kang. KW itu apa yah? tau dari iklan, he...he...

      Hapus
  8. Modm saya juga di modif/di tambahin kipas.alhamdulillah awet hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu sudah langkah yang tepat kang, cara hemat mengeluarkan kocek yah begitulah.

      Hapus
  9. saya make modem bisa dua hari dua malem nemplok di laptop dan ngga make kabel sambungan...alhamdulillah sampe sekarang nagen ngga bikin pusing, setelah ini saya malah jadi was-was takut modemku bermasalah..
    nuhun elmuna ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hati-hati saja kang, lama-lama timah solder bisa melepuh karena kepanasan, maka tamatlah. Selain itu sim card bisa mati.

      Hapus
  10. Jadi tahu nih apa-apa yg semestinya kita hindari..

    Thx untuk tips2nya !

    BalasHapus
  11. wah makasih banyak kang, selama ini saya sering pake modem berjam-jam... mulai sekarang akan saya perhatiin lagi biar ga sampe rusak...

    BalasHapus
  12. lah,saya modemnya jarang dicabut.kalo udah ol terus ketiduran ampe pagi letop pun gak dimatikan.
    oke makasih infonya kang

    BalasHapus
  13. Selama ini saya nggak pernah pakai kabel usb mas untuk pasang modem di laptop. ternyata itu kurang baik ya untuk kesehatan modem. Ya udah nanti saya akan beli kabel usb. Thanks ya mas atas sharing nya :)

    BalasHapus
  14. Comment back dong? http://mafiasitez.blogspot.com/2013/10/minuman-kaleng-penyebab-kematian.html

    BalasHapus
  15. punyaku gak pernah pkai gitu2an gan,Alhamdulillah awet,,hehehe

    "kata si mbah kalau beli barang jangan hari pasaran wage"

    hhhhhhhhhhhhh,,,,,,,,,,,,, ^:D ^:D ^:D

    BalasHapus

Sempatkan Waktu Untuk Berkomentar
Komentar anda salah satu penunjang keberlangsungan blog ini.
WARNING!!!! jangan meninggalkan link hidup/Spam,Atau sejenisnya.
Terima kasih atas supportnya.

Random post

Entri Populer

Archive