Home » , » Radio Tahun 70 Jadul Dan Antik

Radio Tahun 70 Jadul Dan Antik

Radio Tahun 70 Jadul Dan Antik - Hari ini saya akan berbagi cerita tentang barang antik yang ada di tempat saya atau di rumah, beberapa hari lalu saya main ketempat rongsokan dan saya tidak akan menyangka bisa mendapatkan satu lagi koleksi barang antik yang mungkin anda semua tidak ada yang punya. Ntah kenapa akhir-akhir ini saya sebagai admin suka sekali dengan barang-barang antik, yang disebut dengan barang antik barang yang sudah jarang sekali ada di peredaran baik di masyarakat banyak ataupun perorangan, bahkan mungkin sudah tidak ada lagi. Sobat blogger mungkin pernah membaca artikel saya terdahulu yang membahas tentang barang barang jadul / jaman dulu, baca salah satu artikelnya "Korek Api Jadulku Rusak" "Cara Merawat Jam Weker Putar".

Nah Kali ini saya sudah mendapatkan satu lagi barang antik, yaitu pesawat Radio antik ini buatan Jepang, sebenarnya saya tidak tahu entah tahun berapa radio ini di buat, namun seinget saya radio ini sudah ada dari umur saya masih kecil, karena waktu itu kira-kira tahun 1985 baru berumur enam tahun namun pikiran saya sudah nalar dan radio seperti ini sudah ada. Saya masih ingat waktu itu bapak saya sudah punya radio type ini. Radio antik ini mempunyai 4 saluran radio atau banyak di sebut dengan BAND, spesifikasi radio ini juga lumayan .

radio antik jaman dulu
Gambar "zigzoor blog"
radio antik jaman dulu
Gambar "zigzoor blog"
Diantaranya adalah:
4 BAND Radio Model TR-500
Range :
  1. MW : 520  1605 KC
  2. SW1: 1.6        4  MC
  3. SW2:    4        10 MC
  4. SW3:   10       22 MC
Power : 2 W              (MAX)
Battery: 9 Volt            Size  D x 6

Kalau dilihat dari komponent-nya juga sangat jauh berbeda, dari segi kualitas dan kuantitas tidak akan kalah dengan radio-radio sekarang, kekuatan komponen seperti variabel/varco atau alat untuk mencari gelombang terbuat dari besi berbentuk sisir saling bertumpukan, jauh sekali dengan varco yang saat ini sering di pakai, terbuat dari plastik dan tumpukan mica, malah radio-radio variable sekarang sudah mulai diambil alih dengan radio digital. Selain itu Transistor / TR-nya juga masih berbentuk bulat.

radio antik
Gambar "zigzoor blog"
radio antik
Gambar " zigzoor blog "
Tapi sayang radio antik ini sudah ketinggalan jaman, karena belum ada Radio FM-nya, kalau rencana sih, saya akan menambahkan Radio FM Tuner didalamnya tanpa merubah mesin aslinya, hanya menambahkan beberapa komponenya saja. Nah sobat blogger itulah sedikit info tentang "Radio Tahun 70 Jadul Dan Antik" yang kebetulan ada di rumah, radio ini saya akan simpan dan akan saya hidupkan. Karena memang radio ini masih berjalan normal, sekian dan terima kasih. 


35 komentar:

  1. Wah masih punya radio jadul ya kang, tentunya jadi barang langka...

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul kang, sudah langka. bahkan radio antik macam ini susah nyarinya.

      Hapus
  2. WOW lama banget yaa Sob, bagus tuh sob, disimpan baik baik, sangat jarang orang yag punya Radio 70 an seperti gambar di atas

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mas, ini juga saya dapat dari rongsokan saya membelinya.

      Hapus
  3. keren sekali Kang radionya. memang jarang orang yang punya radio seperti itu di jaman yang maju seperti sekarang ini. *antik banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sob, tapi untuk mesin saya akan ganti dengan radio receiver FM. karena ferkuensi bawaannya saya nggak ngerti bahasa luar semua.

      Hapus
  4. Aku dulu punya radio seperti itu mas, tapi udah gak tau kemana :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah sayang sekali mas, padahal bagus tuh untuk koleksi.

      Hapus
  5. Ngaronda sambil blogwalking.kayak nya lebih asik klo sambil dengerin radio.si akang teh sigana loba barang antik na

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngerondanya kenapa ga mau mampir kerumah saya kang..

      Hapus
    2. betul kang, apalagi si mbak sudah memberi sinyal miwarang datang ka bumina kang, ah banyak sih nggak cuman ada beberapa saja.

      Hapus
  6. asyik banget.
    mirip punya saya, cuma saya lebih tuaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah lebih hebat berarti radio antik akang lebih antik lagi yah.

      Hapus
  7. Kalau tidak salah saya pernah melihat radio seperti itu dulu waktu masih kecil dan kepunyaan nenek saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasti pernah,karena memang radio antik ini pada masanya memang laku sekali.

      Hapus
  8. seingetku dulu aku jg pernah lho punya radio macam ini.. jaman kakek nenekku masih hidup.. tp entah skrg kmn..
    klo bisa bongkar dan modifikasi radio jadul jd modern, wah.. hebat banget mas..
    aku jg jago bongkar.. tp masangin lg ga bakalan bisa.. hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. pastinya mbak, orang tua saya juga dulu punya radio pada jamannya dulu, yang mungkin sekarang jadul karena sudah lama.

      Hapus
  9. Lihat model radio seperti ini jadi teringat dengan masa tempo doeloe =p* . Walau modelnya jadul :rolled: namun piranti dan komponennya masih baik dan layak dengar :-d . Koleksi yang sudah langka \o/ dan agak sulit mencari di pasar loak @@, . Salam cemerlang! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mas, suaranya masih ada, namun karena jaman sudah mulai maju, frekwensinya sudah jarang yang mengudara, jadi saya akan ubah menjadi radio modern namun tentunya dengan kesing klasik radio antik ini, matap kan, he..he...salam.

      Hapus
  10. dulu saya pernah punya radio jadul tapi sial malah diambil paman, ngomongnya minjem eh malah ngampleng teu balik deui :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. he..he...candak deui atuh kang lebarr.

      Hapus
  11. Sekilas tampilannya kyk radio jadul yg pernah saya punya, yaitu merk National.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak jauh beda kang ini juga mereknya hampir sam ko.

      Hapus
  12. wah antik banget nih mas... chanelnya masih mw sama sw saja... fm dan am nya belum ada ya mas.. hehhehehe wah kalau di jual mahal nih mas radionya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mas, tapi kebetulan saya tidak akan dijual. untuk mesin saya akan rombak total hanya kesingnya saja saya pakai, sedangkan untuk mesin saya akan ganti dengan Receiver radio FM.

      Hapus
  13. saya juga punya mass


    mampir di http://nawayhac.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. mantep sob, simpan untuk koleksi.

      Hapus
  14. Wah bisa laku mahal itu gan kalau lagi ada yang cari

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ada yang cari mas, kalau nggak ada saya simpan saja yah, he..he..

      Hapus
  15. Pada jaman waktu kecil saya masih sering melihat RADIO ANTIK seperti diatas, tetapi sekarang keberadaan RADIO ANTIK sepertinya menghilang di telan bumi dan di telan oleh perkembangan jaman ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin radionya sudah di makan usia mas, soalnya hanya orang yang sayang sama barang yang bisa menyimpannya.

      Hapus
  16. saya jg punya kayak gitu kang :D

    BalasHapus
  17. Koleksi menarik , sayang speakernya sudah diganti sama seperti punya saya, jmradiodoc

    BalasHapus
  18. Berarti yg ngalamin mendengarkan radio ini... Sekarang sudah tua... Wkwkwkwk pissss canda brooo

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah meninggal barangkali,he..he...kalau saya dapet dari rongsokan.

      Hapus

Sempatkan Waktu Untuk Berkomentar
Komentar anda salah satu penunjang keberlangsungan blog ini.
WARNING!!!! jangan meninggalkan link hidup/Spam,Atau sejenisnya.
Terima kasih atas supportnya.

Random post

Entri Populer

Archive