Home » , » Apa Saja Hal Yang Harus Di Lakukan Sebelum Menikah

Apa Saja Hal Yang Harus Di Lakukan Sebelum Menikah

Apa Saja Hal Yang Harus Di Lakukan Sebelum Menikah - Sedikit melenceng dari artikel-artikel terdahulu, baiklah pada malam hari ini saya akan menulis artikel tentang pernikahan yang kebetulan di bulan haji ini banyak sekali orang yang menikah, menikah adalah satu hal yang paling penting dalam kehidupan kita, membina rumah tangga dengan pasangan yang mungkin sebelumnya sudah anda kenal.

Ki lengser
Gambar Ilustrasi "zigzoor blog"
Lalu apa saja hal yang anda lakukan sebelum menikah? Ok, ada baiknya bagi anda-anda calon mempelai mengetahuinya. Ada beberapa tingkatan yang harus di ketahui oleh calon mempelai, dan inilah proses pelayanan pencatatn nikah yang harus dilakukan sebelum anda menikah.

A : Ke Kantor DESA/KELURAHAN
Untuk Mendapatkan.
  1. Surat keterangan untuk nikah (Model N1)
  2. Surat keterangan asal-usul (Model N2 )
  3. Surat keterangan Orang Tua (Model N3)
  4. Surat keterangan ke Puskesmas untuk imunisasi TT
B : Pergi ke Puskesmas
Untuk
  1. Imunisasi TT 1 bagi calon Pengantin wanita
  2. Imunisasi TT II dapat diperoleh d mana saja dengan menunjukan kartu bukti Imunisasi TT 1
C : Ke kantor urusan Agama
Untuk
  1. Memberitahukan kehendak menikah
  2. Pemeriksaan nikah
  3. Membayar biaya pencatatan Nikah
  4. Pengumuman kehendak nikah
  5. Mengikuti penataran Calon pengantin dan penasehatan oleh BP4 dalam masa 10 hari sebelum akad nikah
  6. Pencatatan Nikah
D : Pelaksanaan Nikah
  1. Upacara Akad Nikah dilaksanakan di balai nikah (KUA) Kecamatan
  2. Atas permintaan yang bersangkutan upacara nikah bisa di lakukan diluar Balai Nikah
  3. Memperoleh kutipan Akta Nikah ( Model NA)
Nah itulah proses pelayanan pencatatn nikah yang mesti anda ketahui, terutama bagi calon istri dan calon suami yang akan segera mau menikah, dalam jangka satu bulan anda harus mempersiapkan segalanya. Semoga bermanfaat.


30 komentar:

  1. infornya mantap buat yang masih single, cepet cepet kawin lah, nanti nyesel, "kenapa ga dari dulu" hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kang, betul ayo rame-rame nikah di KUA, haram no Halal yes.

      Hapus
    2. cari calon istrinya dulu baru nikah. ^^

      Hapus
    3. Betul sob, saya khan sudah saya tulis dengan orang yang mungkin sudah di kenal sob. thks

      Hapus
  2. Dan jangan lupa persiapkan diri dan mental untuk ijab kabul.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup betul sekali cik, siapa yang sudah siap menikah berarti sudah siap menanggung resiko berumah tangga termasuk yang ci sebutkan.

      Hapus
  3. jadi ingat dulu, waktu ngurus nikah, alhamdulillah dipermudah d kua, soalnya yng jadi kepala teman sendiri :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu memang seharusnya kang, mengurus administrasi perlengkapan nikah seharusnya jangan di persulit, apalagi ini temennya, mungkin lebih cepet.

      Hapus
  4. Perlu perencanaan dan persiapan yang matang sebelum melaksanakan sesuatu hal yang penting dalam hidup ini termasuk pernikahan :imhere: . Sebagai warga negara Indonesia yang baik kita pergi ke Kantor Desa/Kelurahan :yaya: , kesehatan sebagai kebutuhan yang penting sehingga kita ke Puskesmas :p , dan sesuai dengan syariat agama ^:D . Semua tahapan diatas harus dilalui oleh calon pengantin :-bd . Tertib administrasi, tertib secara agama, dan sah sebagai suami-isteri. :cendol: . Semoga menjadi pasangan hidup yang bahagia di dunia dan akhirat, amin. ^o^

    Salam cemerlang!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas, apa yang seharusnya ada untuk melengkapinya, salam cemerlang buat mas deh.

      Hapus
  5. Ada satu yang lupa om, jangan lupa pesan katering,dekorasi dan juru photo.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masalah itu tergantung dari kedua mempelai kang, kalau memang ada biaya lebih mungkin semua itu bisa di laksanakan. istilahnya kalau dalam ibadah sholat-mah sholat sunatnya kang, he...he...

      Hapus
  6. Klo mau nambah istri cara nya sama ga sob?hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Prosesnya pastinya nya harus sama, namun karena situasi dan kondisi banyak yang tidak mengaturi peraturan kang.

      Hapus
  7. Lengkap sekali penjelasannya mas. Jadi sebelum menikah, kita perlu melakukan hal seperti yang dijelaskan diatas ya. Sehingga proses pernikahan nantinya bisa tertib. Terimakasih banyak mas azie thea atas informasinya. Bisa dijadikan referensi untuk kita semua, terutama yang belum menikah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seharusnya memang begitu mbak, karena semua ini saya ambil dari sumber terpercaya, yaitu KUA kecamatan tempat saya.

      Hapus
  8. Termasuk pengalaman yang menyenangkan ketika dulu mengurus sendiri segala hal yang berkaitan dengan persiapan administrasi pernikahan saya mas...jadi teringat nih hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalu yang sudah menikah semua pasti mengalaminya ya mas. kalau itu memang sudah jadi prosedur pernikahan.

      Hapus
  9. ini buat jaga-jaga kalo mau nikah ya kang :D hehe

    BalasHapus
  10. xixixi di bulan ini banyak banget yang mau nikah :D

    oh iya sob dipelajaran sekolah saya juga ada loh bab tentang nikah :D

    BalasHapus
  11. terimakasih udah diingetin, soalnya udah lupa tahapannya kang...padahal bentar lagi saya mau nikah loh...;o)

    BalasHapus
    Balasan
    1. he..he...istri yng ke dua, 3, 4 atau ke 8. kayak eyang subur yah kang.

      Hapus
  12. ayoo ayoo
    yang belum yang beluuum
    dipiliih dipiliiih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayoo kang, masih banyak pilihan yang lain...he..he..

      Hapus
  13. wah lengkap banget mas... sip deh membuat pengalaman saya bertambah tentang persiapan sebelum menikah. jadi ntr pas saya menikah sudah nggak perlu tanya sana sini lagi... hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya mas, mas tinggal menghapalnya, atau bisa menyimpan artikel ini biar tidak lupa.

      Hapus
  14. Balasan
    1. sebenarnya tidak ribet, prosesnya gampang saja, asal kita tertib.

      Hapus
  15. Pertama saya tersenyum membaca artikel ini. Alasannya, isinys singkat tapi sangat lengkap.

    Bahasan tentang syarat pernikahan yang cukup lengkap. Semoga menjadi perhatian bagi bujang yang berniat mengawali sunnah Nabi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak, karena banyak sekali bujang yang tidak tahu tentang perlenkapan yang harus di buat sebelum menikah. terima kasih sudah bekunjung.

      Hapus

Sempatkan Waktu Untuk Berkomentar
Komentar anda salah satu penunjang keberlangsungan blog ini.
WARNING!!!! jangan meninggalkan link hidup/Spam,Atau sejenisnya.
Terima kasih atas supportnya.

Random post

Entri Populer

Archive