Home » » Hati-Hati Dengan Kantuk

Hati-Hati Dengan Kantuk

Hati-Hati Dengan Kantuk - Mengantuk adalah sudah menjadi kodrat bagi semua makhluk hidup yang berada dalam dunia, setiap mahkluk pasti akan merasakan kantuk, dan manusialah salah satu yang diberi anugrah mengantuk Sudah biasanya kita sebagai manusia akan merasakan kantuk yang amat sangat tidak bisa di tahan, kita akan merasakan hal yang tidak biasa, walaupun mata kita melek, apabila datang kantuk yang teramat sangat, sudah pastilah penglihatan kita menjadi tidak terkendali. Walaupun kita bisa melihat objek didepan kita, namun pada saat mengantuk pokus mata kita akan menjadi buyar akibat kantuk tersebut.

Dan untuk menjelaskan judul di atas hati-hati dengan kantuk, saya akan memberikan contoh beberapa kejadian dan kecelakaan yang amat tragis bukan hanya tragis bahkan bisa mengakibatkan nyawa, baik nyawa kita sendiri,bahkan nyawa orang lain juga bisa hilang karena ngantuk. Misalnya, naik kendaraan bermotor naik roda empat/mobil atau roda dua/motor. Saya akan ambil contoh dari pengalaman saya, namun bukan saya yang mengalami kecelakaan, tapi ini pengalaman saya melihat dan mendengarkan cerita dari korban.

Seperti kejadian beberapa waktu lalu kita pernah melihat dari tayangan televisi tentang kecelakaan maut di tol Jagorawi, yang sampai-sampai memakan korban meninggal  enam orang. yang mana kebetulan si korban adalah adalah anak dari salah satu artis terkenal yaitu anak dari Ahmad Dani, yang berinisial (AQJ). Yang menurut dari berita, kecelakaan itu di akibatkan karena mengantuk, bukan hanya itu saja sebenarnya banyak sekali kecelakan-kecelakaan yang di akibatkan karena mengantuk di jalan sewaktu kita membawa kendaraan di jalan.

Dan inilah salah satu contoh yang berhasil saya ambil gambarnya sewaktu saya lewat di jalan dan secara tidak sengaja melihat insiden mobil terjun ke dalam tebing, walaupun tebing tersebut hanya empat meter dalamnya, namun akibat dari kejadian tersebut bisa membuat shock, baik untuk driver/sopir, atau pada penumpang mobil itu sendiri.

Lihat gambar kecelakaan mobil yang berhasil saya abadikan ketika sebuah mobil sedang di evakuasi dari tebing sedalam empat meter.


Hati-Hati Dengan Kantuk

Hati-Hati Dengan Kantuk

Hati-Hati Dengan Kantuk


Itulah salah satu contoh kecelakaan yang di sebabkan kantuk, Lantas bagaimana mengantisivasi kejadian tersebut agar tidak terjadi ?. Memang sebetulnya kejadian itu hakikatnya dari Allah namun syariatnya adalah dari kecerobohan kita sebagai manusia yang tidak menyadari, bahwasanya bahaya itu sendiri ada dalam diri kita sendiri. Solusi pencegahannya adalah, hindari berkendara dalam keadaan kurang tidur, sebisa mungkin apabila ngantuk datang dalam kondisi nyetir alangkah baiknya istirahat dan minum-minuman bersuplemen atau bisa juga dengan meminum kopi, berhentilah sejenak, gerakan badan anda dengan posisi berolahraga, lakukan beberapa menit supaya badan anda segar kembali. Semoga tulisan di atas bisa di ambil manfaatnya.


20 komentar:

  1. wah ngantuk sambil nyupir memang bahaya kang, seperti itulah akibatnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul kang, maka berhati-hatilah. Jangan sampai kurang tidur, akibat kurang tidur badan jadi lemes.

      Hapus
  2. mamang kantuk adalah merupakan proses normal dan fisiologis didalam setiap tubuh manusia.
    Allah memberikan nikmat "rasa kantuk" ini adalah merupakan peringatan agar manusia untuk beristirahat.

    Terima kasih atas pencerahannya sobat

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mas, salah satu kesalahan manusia adalah tidak memperhatikannya, dampak buruk dari kantuk tersebut itulah akibatnya.

      Hapus
  3. ngantuk kok bawa mobil,itu sih namanya menantang maut :D
    buat para korban,semoga diterima di sisih-NYA...
    buat kita semua,semoga ini jd pelajaran yg sangat berarti.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin dari rumah nggak ngantuk kali kang, jadi tidak sadar, biasanya kalau malam tidurnya kurang jam-jam tertentu siangnya pasti ngantuk akan datang.

      Hapus
  4. Saya pernah naik motor dalam keadaan ngantuk dan mata terpejam selama beberapa menit. Terbangunnya karena kaget suara klakson. Alhamdulillah tak terjadi kecelakaan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Syukur alhamdulillah selamat ya kang, makanya nanti kalau brkendara hati-hati, ngantuk datang istirah.

      Hapus
  5. kantuk itu memang salah satu penyebab kecelakaan, soalnya kalau saya kantuk saat mengemudi tapi perasaan tidak ingin berhenti pengen cepat sampai.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama kang, saya juga suka ada perasaan yang sama. namun demi keselamatan saya sempatkan untuk beristirahat.

      Hapus
  6. iya Kang, kalo ngantuk emang seharusnya segera menepi dan cuci kaki lalu tidur ya? mimpi indaaah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. seharusnya sih begitu, inimah ngantuk malah nyetir khan repot jadinya.

      Hapus
  7. jaga staminina.., klo ngantuk ya tidur.., klo dipaksain ya gitu akibatx... *prihatin

    BalasHapus
  8. bener2 harus hati2 ya...ngantuk atau ngelamun sedikit aja bisa bahaya banget bisa korban nyawa

    BalasHapus
    Balasan
    1. pastinya,maka itu cukupkan istirahat tidur.

      Hapus
  9. kantuk memang membahayakan kalau tidak segera disegerakan untuk berisitirahat...menahan kantuk sesungguhnya pekerjaan yang sangat berat....salam :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mas, dengan istirahat yag cukup insya allah badan akan seger kembali.

      Hapus
  10. untung ngantuknya dikit, coba kalau ngantuknya ngantuk berat...pasti mobil bagus itu udah ada didapur ngombe sambel buatan nenek deh tuh....;o)

    BalasHapus
    Balasan
    1. itulah orang indonesia, sudah tahu celaka masih dibilang untung, he..he..., cenahmah sambelnya habis kang jadi nggak nyampai dapur.

      Hapus

Sempatkan Waktu Untuk Berkomentar
Komentar anda salah satu penunjang keberlangsungan blog ini.
WARNING!!!! jangan meninggalkan link hidup/Spam,Atau sejenisnya.
Terima kasih atas supportnya.

Random post

Entri Populer

Archive