Home » » Cara Sederhana Memperbaiki Keypad Hp Macet

Cara Sederhana Memperbaiki Keypad Hp Macet

Cara Sederhana Memperbaiki Keypad Hp Macet - Pada dasarnya handphone mempunyai tombol untuk menulis nombor baik yang touch screen atau yang manual, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pengalaman tentang cara memperbaiki keypad handphone yang manual, contoh hp-hp yang ada tombolnya antara lain handphone-handphone terdahulu sebelum datangnya ipad, ipod, android dan hp touch screen lainnya.

Lantas apa solusi yang paling sederhana cara memperbaiki keypad hp macet sebelum ke servis? sebetulnya cara ini hanya berlaku untuk keypad yang hanya satu atau dua tombol  saja yang macet, misalnya angka satu, dua, atau angka mana saja yang tidak bisa di pakai. Beda dengan kerusakan yang di karenakan hadware yang rusak, biasanya kalau ada komponen yang rusak, kerusakan ini bisa dilihat dari gejalanya, apabila pada tombol atau keypad, cirinya adalah satu baris tombol tidak bisa digunakan, nah itu sudah jelas dari hadware atau komponen yang berhubungan dengan tombol barisan tersebut, solusinya kalau nggak di ganti paling di jumper.

Tidak jarang tombol hp yang sering kita tekan tiba-tiba macet, bahkan sekeras apapun di tekan tidak bisa digunakan, ingat cara ini hanya berlaku untuk keypad yang macet satu atau dua saja, bukan yang sejajar mati, contoh mati sejajar 1, 2, 3. Itu sudah tidak dapat di perbaiki dengan cara ini.

Back to topik, nah cara ini hanya untuk pertolongan pertama sebelum gejala keypad mati atau merembet ke tombol-tombol yang lainnya. Caranya adalah gampang saja.

  1. Buka handphone anda, lepas semua baudnya dan bongkar penutup bagian depannya.
  2. Sediakan penghapus yang sering di gunakan anak-anak sekolah.
  3. Buka keypad dan di bawah keypad ada lapisan, biasanya terbuat dari plastik dan logam melengkung, dan nempel karena memang di lem. Silahkan di copot pelan-pelan.
  4. Setelah terbuka semua silahkan gunakan penghapus tadi untuk membersihkan lapisan PCB yang berwarna kuning tadi dengan penghapus semuanya, jangan lupa logam kecing bulat melengkung yang tadi anda buka di bersihkan juga. Lihat gambar pada no lima.

GAMBAR:
Cara Sederhana Memperbaiki Keypad Hp Macet

Cara Sederhana Memperbaiki Keypad Hp Macet

Nah coba lihat yang saya kasih bulatan merah, itulah yang harus anda bersihkan dengan cara menggosoknya dengan penghapus, tapi mesti di ingat cara ini hanya berlaku pada tombol hp anda macet satu atau dua saja, tidak untuk yang mati berjejer, dalam artian dari 1 sampai 3 atau dari 1 ke bawah 1, 4, 6, *, itu bukan dengan cara di atas karena itu sudah mengenai CPU handphone atau hadware nya yang rusak, jadi intinya cara ini hanya membersihkan kuningan dan logam bulat melengkung dari kotoran karena terlalu lama atau sudah di makan usia. Semoga bermanfaat. [ SBR]


22 komentar:

  1. Kebetulan nih gan tombol hp jadul ane ada yg macet, boleh nih di coba tips nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di coba saja sob, bara ini sering saya lakukan pada handphone yang belum parah macetnya. dan alahamdulullah normal kembali.

      Hapus
  2. waah kalau keypad hp saya bermasalah sepertinya tips ini bisa saya coba yaa Sob...

    BalasHapus
  3. bisa di coba tipsnya mas sebelum dibawa ke tukang servis, penghapus banyak manfaatnya ya, katanya bisa membersihkan kuningan RAM juga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener tidak ada salahnya kita untuk memeriksa dan belajar untuk mengetahui komponen handphone.

      Hapus
  4. cara ini berlaku juga gak sob untuk memperbaiki scroll hp??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh ya untuk cara yang anda maksud tergantung scroll nya modelnya apa, kalau biasanya yang scroll cukup dengan minyak saja, bensin atau tinner, hati-hati, sebelum melakukannya matikan dulu hp anda. baru di siram setetes dua tetes pada scrollnya lalu putar-putarlah,cara ini juga bisa memperbaiki joystik hp, semoga membantu.

      Hapus
  5. Kira-kira berapa puluh menit atau jam setiap hari kita menyentuh tombol ponsel model 'bukan layar sentuh' ? Bila kemudian angka tersebut dikalikan hari, minggu, dan bulan tentu akan mendapatkan jumlah yang besar :p . Keypad hape pun perlu perawatan rutin :-d sehingga nyaman dipakai dan awet =p* . Terima kasih sharingnya. Salam cemerlang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mas, handphone sama halnya dengan manusia, perlu perawatan yang berkala, sama-sama mas.

      Hapus
  6. wah kebetulan keypad hapeku sudah mulai macet-macet juga nih kang...

    BalasHapus
  7. tips sederhana yang sangat bermanfaat sekali

    BalasHapus
  8. misalkan yang hp layar sentuh gimana ?

    BalasHapus
  9. oh jadi kalau cuma macet 1 tombol saja ada kemungkinan hanya butuh perawatan saja ya mas.. lain dengan yang macet sebaris.. oke bisa di praktekin deh tips nya, makasih mas...

    BalasHapus
  10. kalau ada panduannya gini jadi berani deh buka sendiri, takutnya bisa buka tiadk bisa pasang kembali, atau pasangnya saalah dan menghilangkan fungsi keypadnya. hehehehe

    BalasHapus
  11. kalo aku mah laptop yang sering macet kibotnya
    modal kompresor beres dah
    resiko kerja di tempat berdebu :D

    BalasHapus
  12. slmt mlm sob trmksh bnyk infonya genk.

    BalasHapus
  13. Mau tanya mas klo 2 tombol berurutan kebawah bisa ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di coba saja, kalau masih nggak bisa berarti, ada komponen yang rusak. di oba denga trik jumper.

      Hapus

Sempatkan Waktu Untuk Berkomentar
Komentar anda salah satu penunjang keberlangsungan blog ini.
WARNING!!!! jangan meninggalkan link hidup/Spam,Atau sejenisnya.
Terima kasih atas supportnya.

Random post

Entri Populer

Archive