Home » » Mata Uang Recehan Yang Sudah Terlupakan

Mata Uang Recehan Yang Sudah Terlupakan

Mata Uang Recehan Yang Sudah Terlupakan,mata uang sebagai mana kita ketahui adalah alat untuk penukar segala hal yang dijual.yang mana dulu mata uang banyak berfariasi,Tanggal 2 November 1949 merupakan hari ditetapkannya rupiah sebagai mata uang resmi Negara Indonesia dan mata uang rupiah dicetak serta diatur pengunaannya oleh Bank Indonesia. Walaupun saat itu Kepulauan Riau dan Irian Barat memiliki variasi rupiah mereka sendiri tetapi penggunaan mereka dibubarkan pada tahun 1964 di Riau dan 1974 di Irian Barat.

Nah,yang jadi pertanyaan,kemanakah mata uang yang pernah di pakai dahulu ?.Terutama yang berbentuk recehan,karena uang ini berdaya tahan kuat berbeda dengan uang kertas yang bisa rusak dengan cepat.Apalagi kalau kena hujan,kecuci atau kena api hangus deh,kebetulan saya punya beberapa koleksi mata uang receh nih,kalau nggak salah,tujuh coin uang recehan.

uang coin

uang coin

Diantara coin-coin di atas nominalnya berpfariasi,ada yang 50 sen,5 rupiah,2 rupiah,1 rupiah,10 rupiah,10 sen dan yang terakhir itu uang baru keluaran tahun 90 han,yaitu 50 rupiah.Sengaja uang-uang yang berbentuk coin di atas saya simpan untuk koleksi saja,dan kebetulan menurut kabar mata uang sekarang juga dalam masa transsisi untuk perubahan nominalnya atau katanya sih pengurangan angka nol di belakangnya,kalau mau lebih jelas beritanya baca saja di blognya kang muroi di sini.

Sebetulnya masih banyak juga coin-coin uang recehan yang ada,namun ditempat saya adanya cuman yang ini saja,yang kertasnya juga saya nggak punya.Kalau sobat punya simpan saja sob,sayang kalau di gegabahkan karena uang adalah barang yang paling berharga,namun jangan sampai juga uang memperalat kita tapi uang yang harus di peralat oleh kita.Terus yang saya tanyakan ,sebenarnya uang yang dulu bentuknya seperti di atas kemana yah?.Mata uang yang pernah saya pakai dari mulai saya ingat,yang berada diatas kalau nggak salah yang nominal paling kecil dari mulai 5 rupiah,kalau i rupiah 2 rupiah dan sen-sen saya tidak mengalaminya.

Waktu itu juga kayaknya sudah jarang yang menggunakannya,karena saat itu harga paling murah yaitu 5 rupiah,dan kalau saya berangkat sekolah saya hanya di kasih bekal untuk jajan cuman 50 rupiah kalau nggak salah tahun 1988,harga bala-bala juga cuman 10 rupiah,kerupuk 5 rupiah dapat 5,dan roko juga waktu itu harganya cuman 30 rupiah,he...he...,.Yah itulah sekelumit cerita tentang uang recehan yang sudah tidak pernah kita ingat lagi bahkan sudah punah,mudah-mudahan bermanfaat sob,lumayan deh buat nambah postingan.


29 komentar:

  1. .. kalo duit jadul gitu, ortu aq punya. kalo yg koin, mamah aq yg ngumpulin. namun kalo yg kertas itu papah aq. he..86x. sampe gak muat tempat nya cz di jejer^ ma papah ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah pantasen,ternyata ngumpul di mama n papa nya sobat toh.saya juga cari tapi yah hanya seneng saja,lumayan buat koleksi sob,bagi dong saya recehannya.

      Hapus
    2. .. he..86x. udah langka banget sich. jd ma mamah recehannya disimpan ada beberapa toples tuch. he..86x. maav ya kawan bukan nya pamer. tapi itu kenyataan nya. he..86x ..

      Hapus
  2. kreatif amat sob sampai di kumpulin gitu.. :-bd

    BalasHapus
    Balasan
    1. hanya untuk koleksi saja sob,itu juga kalu ada.

      Hapus
  3. kolektor duit kuno ya mas, suatu saat harganya selangit tuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak juga sob,kebetulan ada saj di rumah.ya saya simpan saja untuk kenang-kenangan.

      Hapus
    2. bener Mbak Indah Mas, harganya bakalan selangit kelak.

      Hapus
  4. benner sob uang logam emang kyknya mau ilang D:

    BalasHapus
  5. taun dimana saya belum dilahirkan -_-
    tp saya juga punya koin 1 sen kalo gak salah :D

    BalasHapus
  6. Jadi kolektor barang antik ayena mah s akang.Jam weker,zippo,sekarang uang logam.wih mantab pisan.saya punya uang gope yang gambar rusa 3 lembar ,tapi lupa lagi nyimpen nya

    BalasHapus
  7. Dulu pernah masih zaman sekolah ngoleksi uang receh, ehh malah dibuat tuk kerokan sama si mbah..

    BalasHapus
  8. saya juga koleksi ginian Kang. cuma sekedarnya aja. ada loh komunitas kumpul2nya. seneng dan punya nilai investasi loh.

    BalasHapus
  9. menurut kacamata batin saya, tujuh koin mata uang yang dijembengkeun seperti gambar diatas itu, menurut eyang ghoib, posisi seperti itu pamali, matak nontot jodoh.

    BalasHapus
  10. wah saya benar2 melupakan uang2 tersebut sob..hahaa
    itu uang coin pasti udah banyak kumannya sob :D
    semasa hidup belum pernah bersentuhan langsung dengan uang 5 rupiah, paling rendah cuma 50 rupiah ..hehe

    BalasHapus
  11. Wah, itu koin jaman, kakek aku waktu masih muda,,

    BalasHapus
  12. selamat Pagi Sobat zigzoor,,,waah sudah lama sekali Uang Recehan di atas yaa Sob,,,saya sudah tidak pernah lagi menemukannya...

    BalasHapus
  13. beberapa tahun yg lalu sy masih punya yg 1 rupiah,tp hilang,

    BalasHapus
  14. hahaaa... bener dah si abang ini jangan2 punya musium barang antik.. eh bang uda denger belom kalo rupiah mau diredenominasi (alah bener ga nih tulisannya? :D ) jadi kembali kayak jmannya abang zig dulu, nyang seribu rupiah jadi 10 rupiah, 100 rupiah jadi 1 rupiah, ntar bisa nostalgila bang hehe :D

    BalasHapus
  15. kolektor barang antik nih, gelagatnya sih begitu, hehe
    terakhir saya bertransaksi pakai uang pecahan 5 rupiah tahun 1991 an saya beli onde2 seharga 25 rupiah dengan pecahan 10+10+5 rupiah.

    BalasHapus
  16. silaturahmi sob (biar unyu)

    indonesia bentar lagi balik ke Rp.1 ...
    kembali ke jadul lagi....

    BalasHapus
  17. Lumayan tuh gan koleksinya, nominalnya uang tersebut mungkin di bilang rendah tapi kelangkaanya membuat jadi bernilai

    BalasHapus
  18. saya punya seperti itu kang dan masih saya simpan :D

    BalasHapus
  19. iyaph... betul.. gak dipungkiri, nasib uang receh (koin)sangat mengkhawatirkan saat ini... sering bangt nemu uang Rp. 100 di jalanan, dibuang gitu aja... padahal meskipun cuma segi itu kan uang yaa, :)

    btw aku punya semua koin (yang terlihat jelasnya) yang ada digambar atas, aku kolektor uang kuno, hehe... ayo-ayoo ada yang mau barter :)

    BalasHapus
  20. itu uang indonesia gan , ane gak pernah tau tuh , makasih gan bisa tau ane jadinya :D

    BalasHapus
  21. bener nih mas.. apa dah punah ya ?? :D hehe

    BalasHapus
  22. Koin recehan spt itu masih berguna Mas, untuk kerokan saat masuk angin.....

    BalasHapus

Sempatkan Waktu Untuk Berkomentar
Komentar anda salah satu penunjang keberlangsungan blog ini.
WARNING!!!! jangan meninggalkan link hidup/Spam,Atau sejenisnya.
Terima kasih atas supportnya.

Random post

Entri Populer

Archive