Home » » Comet Makanan Asli Sunda Indonesia

Comet Makanan Asli Sunda Indonesia

Comet Makanan Asli Sunda Indonesia,Anda tahu comet?mungkin bagi sekian sobat blogger sudah banyak yang tahu namanya comet,dan sebagian sobat juga banyak yang belum tahu nama dan bentuknya kaya apa.Comet adalah makanan yang terbuat dari bahan alami yaitu dari ubi kayu atau singkong,sebenarnya makanan ini asli dari daerah jawa barat,ya mungkin saja banyak orang yang belum mengenal panganan ini,jangankan bentuknya,nama rupa dan bentuknya saja baru tahu sekarang.

Ok pada artikel kita kali ini saya akan memberikan beberapa nama makanan asli dari jawa barat dan sebagian nama-nama ini sudah tersebar atau sudah terkenal di indonesia,nah mungkin nama yang satu ini pasti sobat baru tahu. dan inilah nama-nama makanan yang ada di seputaran daerah kami atau di jawa-barat,

  • Bala-bala: ini terbuat dari bahan-bahan sayuran,banyak dikenal dengan nama bakwan.
  • Gehu: ini terbuat dari tahu sama toge,banyak dikenal dengan nama tahu isi.
  • Cireng : ini terbuat dari tepung sagu,banyak di kenal dengan nama cireng.
  • Cimol  : banyak di kenal dengan nama cimol,sempat ngetren.
  • comro ; terbuat dari ubi kayu didalamnya pakai oncom dan sudah banyak di pasaran.
  • Misro : terbuat dari ubi kayu di dalam pakai gula sudah banyak di pasaran
  • Leupeut : terbuat dari beras di bungkus daun pisang sudah banyak di pasaran
  • Bugis : dari beras ketan di tambah kelap+gula di dalamnya mirip leupeut tapi kecil
  • opak : terbuat dari ubi kayu yang biasanya seperti kerupuk pipih atau tipis bulat,segi tiga sesuai selera pembuat.
  • rangginang : dari beras ketan yang di masak dan di bentuk bulat.
  • oyek : dari ubi kayu di parut dan di jemur,hingga kering.
  • Awug : dari ubi kayu di parut hampir sama dengan oyek.
  • Cilok,aci di colok,terbuat dari tepung sagu sudah banyak di pasaran.
  • cipe : Terbuat dari tepung sagu bulat seperti cireng agak tebal.
  • naga sari :terbuat dari tepung beras dan di masak dibungkus daun pisang di dalamnya ada pisang yang sudah diiris-iris.
  • peuyeum : sudah terkenal di seluruh indonesia,trutama peuyeum bandung,bukan peuyeumpuan yah peuyeum...ingat!!!.
  • Ubi Cilembu : ubi asli,manis,legit dan nikmat.
  • Terakhir yaitu comet,terbuat dari ubi kayu atau singkong,bentuknya bulet seperti kerupuk tapi kecil.
Nah sob itulah sedikit nama-nama makanan khas daerah jawa barat,atau berada di lingkungan kami sebetulnya masih banyak macam-macan nama lainnya,mungkin lain kalai bisa di posting lagi.
Mau tahu bentuknya comet,comet lho jangan salah arti,ini bukang comet yang di luar angkasa ya sob.
Nih lihat gambarnya.

comet

comet

comet

Sudah lihat kan bagaimana bentuk panganan yang punya nama comet,panganan ini asli lho buatan orang Sunda,bahkan banyak juga disekitar jawa-barat.panganan ini terbuat dari singkong yang di parut dan di buang patinya,maksudnya biar agak kering dan di gorengnya cepat kering.Rasanya gurih,renyah,kriuk-kriuk pokoknya cocok lah untuk teman bersantai,ngeblog acara keluarga,tahlilan,pengajian segala situasi cocok,karena panganan ini termasuk bukan makanan yang cepat basi,namun tanpa bahan pengawet bisa bertahan hingga 1 bulan lebih di dalam toples sob.Cara pembuatannya juga kalau yang sudah biasa termasuk enteng,kebetulan keluarga saya ada yang produksi cuman yah produk rumahan,kecil-kecilan untuk menyambung hidup.Ok itulah sekedar berbagi info seputaran profil comet,ingatt!!! comet bukan komet ya,semoga bermanfaat dan terima kasih.


44 komentar:

  1. skali-skali bisa dicoba tu sob!

    BalasHapus
    Balasan
    1. di coba sob enak lho.tahukan comet? ya itu di gambar.he...he...

      Hapus
  2. .. kirim donk buat aq. biar aq tau gimana rasa nya. he..86x ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sok lah,emang mau makanan orang kampung,he...he...

      Hapus
    2. .. wha..ha..ha..ha..ha..ha.. aq kan pengen tau makanan gituan. tapi asal bukan dari ketan. cz aq gak doyan. he..86x ..

      Hapus
    3. bukan dari ketan sob,itu dari singkong di tambah bumbu2 buat penyedapnya.

      Hapus
  3. selain comet ternyata masih bannyak yah makanan khas jawa barat itu sob

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenarnya masih banyak lagi sob ini hanya yang saya ketahui saja.

      Hapus
  4. kalau di makassar leupeut itu namanya lepat, tapi ternyata bugis kalau di jawabarat termasuk nama makanan ya, padahal di sulawesi selatan itu adalah nama salah suku yang ada.., apalagi comro..saya ketagihan mencobanya...maknyus :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya betul bang,bugis itu terbuat dari beras ketan yang di masak dan di haluskan di bungkus dengan daun pisang di dalamnya ada selai gula kelapa,nama sundanya eunten.

      Hapus
  5. begitu baca sampe ubi cilembu, saya terbayang sebuah wajah sangar. siapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ledis n jentelmen.....kita sambut..inilah dia?
      #mana orangnya...blm nongol?

      Hapus
    2. biasa Mas. problem encok

      Hapus
  6. posting nya ga di sertai sama tester comet ya mas...
    #ow..owww..owwww :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh ya,ke tempat saya saja mas pesan juga boleh.

      Hapus
  7. baru tau namanya kang.. sejenis kerupuk gtu iia..?!? saiia doyan banged kang apapun jenis kerupuk sii :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. jenisnya hampir sama,namun beda bahannya.begitu mas.

      Hapus
  8. kyk krupuk'y mas apa itu emang krupuk mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan mas ini bukan kerupuk,tapi di bilang kerupuk juga bisa.

      Hapus
    2. tpi hampir sama mas. jdi bahanya apa itu mas klu boleh tau

      Hapus
    3. itu dari singkong mas,plus bumbu dapur.

      Hapus
  9. Ow, saya baru tau kalo itu namanya Comet,
    knapa gak Komet skalian eaa, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu nsms comet dari b.sunda sob,yang artinya comot eutik,atau comot sedikit.emang komet apa sob?he...he...

      Hapus
  10. comet = comot eutik :rolled:

    BalasHapus
  11. malam sob,maaf terlambat datang.itu salah satu makanan kesukaan waktu saya kecil.jadi rindu kampung halaman euy

    BalasHapus
    Balasan
    1. sok atuh geura mulang kang,heg mampir kateun saya.disuguhan comet,he...he...

      Hapus
  12. kripik ? atau semacam kerupuk ?
    tapi terbuat dari singkong ya .. mungkin saya menyebutnya keripik :D

    oh iya, silahkan di cek sob, tentang animasi loading blog, sudah saya tampilkan dalam posingan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya semacam kerrupuk kalau di jawa di sebut cimpring atau kemplang sob.

      Hapus
  13. sejenis keripik kah itu gan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan kalau keripik langsung di goreng singkongnya,kalau ini di proses dulu sob.ya sejenis opak lah.

      Hapus
  14. Saya mah paling suka sama yang namanya Peuyeum,komo kana peuyeumpuanmah meni rueseeeep

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama kang,peyeum...yg satu lagi pastinya dong.

      Hapus
  15. itu sejenis kerupuk apa gimana sob??

    BalasHapus
  16. wah sumpah saya baru denger dan baru tau kalau ada makanan yang bernama komet. keren juga ya sob namanya..? hehehehe makasih info nama nama makanannya sobat.

    BalasHapus
  17. d cocol saos...makin mantaaav.... :D

    BalasHapus
  18. iya betul mas . di kampung saya sumedang juga ada comet . bentuk nya bulet2 kecil gitu :D

    BalasHapus
  19. criping ini bro namanya. Gak usah disebut komet deh.

    BalasHapus

Sempatkan Waktu Untuk Berkomentar
Komentar anda salah satu penunjang keberlangsungan blog ini.
WARNING!!!! jangan meninggalkan link hidup/Spam,Atau sejenisnya.
Terima kasih atas supportnya.

Random post

Entri Populer

Archive