Home » » Tips Aman Berkendara Motor

Tips Aman Berkendara Motor

Tips Aman Berkendara Motor,seperti yang kita ketahui untuk jaman sekarang tidak ada yang tidak tahu kendaraan bermotor.Dari masyarakat elite,menengah dan bawah pastilah sudah lebih jauh mengenalnya,karna untuk jaman serba cepat ini kendaraan lebih penting untuk mengejar waktu.

Kegunaan motor tidak hanya saja sebagai tunggangan,untuk saat ini motor di ibaratkan pengganti kaki kita.Coba anda lihat di sekeliling kita,sudah jarang kita melihat orang yang berjalan tunggang langgang,jangankan ke kantor,kepasar ataupun ketempat keramaian yang lain,coba anda perhatikan juga orang-orang yang menuju ladangnya dan perhatikan juga kalau kita melewati jalan yang dekat dengan ladang ataupun sawah.


Tips Aman Berkendara Motor

Dan lihat,apa yang anda lihat?pastilah anda akan melihat banyak kendaraan bermotor yang terparkir,baik dipinggir sawah ataupun ladang bahkan di pinggir kali juga pasti ada.
Nah dari itulah jangan sampai anda heran,di era jaman maju ini hal itu sudah lumrah,jangankan kendaraan beroda dua beroda empat juga hampir semua masyarakat mempunyainya,tapi untuk yang beroda empat mungkin dari kalangan menegah keatas saja he...he...,mungkin kita-kita ga termasuk kali.Yaa siapa tau kedepannya kita bisa memiikinya,mimpi kali...he...he....,Oh ya malah ngelantur.

Ok untuk artikel kita kali ini,kita akan membahas tenang siroda dua,karna untuk saat ini jalanan kita didominasi dengan motor.Nah maka dari itu kita akan membahas tips aman berkendara motor,Karna saya merasa prihatin dengan seringnya terjadi kecelakaan pada siroda dua yang mungkin kebanyakan karna kelalainan sipenunggangnya atau joki sikuda besi tersebut.Untuk itu mari kita bersama-sama menyimak tips di bawah ini,supaya anggka kecelakaan yang sering terjadi bisa berkurang.
Yuk kita simak saja:

Sebelum kita menggunakan motor,Coba anda cek kelayakan motor.dan hindari hal-hal yang membeuat terjadinya kecelakaan.

  1. Rantai,kalau kira-kira kendor kencangkan.Untuk menjaga terjadinya rantai putus dijalan.
  2. Rem,coba anda cek.kalau kira-kira kanpasnya aus gantilah,untuk menjaga terjadinya rem blong.
  3. lampu besar/kecil.Lampu besar,kalau kira-kira mati cepatlah anda ganti,karna untuk sekarang di perbolehkan untuk menyala disiang hari,jaga-jaga supaya tidak terjadi tabrakan kalau-kalau sipenunggang yang lain lengah,jadi lampu itulah yang membuat penunggang lain terfokus.
  4. Rihting/send,coba anda cek juga.Kalau-kalau mati,cepatlah anda ganti,karna lampu rihting itu peran utama kita berlalu lintas,karna jalan yang kita lewati tidak selamanya lurus.jadi kegunaan lampu rihtinglah yang memberi tanda kalau kita berbelok baik kekiri ataupun kekanan.
  5. Selalu gunakan helm
  6. pakailah pengaman atau tahan angin yang di pasang dalam jaket atau banyak yang bilang otto.
  7. pakailah sarung tangan supaya menjaga kalau-kalau terjadi gesekan dengan motor lainnya.
  8. Lindungilah badan anda dengan jaket,supaya tidak terjadi masuk angin,baik jeket kulit,parasit ataupun dari kain.
  9. Jangan sekali-kali anda menyalip kendaraan lain dari sebelah kiri.
  10. hindari jarak berbahaya kalau kita di belakang kendaraan roda empat apalagi ditanjakan,jarak yang baik sebelum menyalip ataupun tidak adalah 4/5 meter di belakangnya.
  11. Hidupkan lampu rihting/klakson apabila kita mau nyalip/berbelok untuk memberi kode  kesipengendara yang kita salip atau yang di belakang/depan kita apabila kita berbelok.
Nah sobatku semua,itulah tips aman untuk berkendara motor,seperti pengalaman saya sehari-hari.11 poin itulah yang perlu kita perhatikan,untuk keperluan yang lainnya silahkan anda lengkapi sendiri.Mudah-mudahan bermanfaat terima kasih


7 komentar:

  1. terima kasih sobat, sangat bermanfaat... apalagi saya dalam kesehariannya selalu menggunakan sepeda motor. mari kita selalu mematuhi peraturan lalu lintas demi keselamatan kita bersama...

    BalasHapus
  2. @agus bg:ya sob,karna saya sangat prihatin dengan angka kecelakaan roda dua sekarang.

    BalasHapus
  3. Benar sekali sobat, dizaman sekarang motor sudah tidk asing lagi,bahkan sampai dipelosok sekalipun, motor sangat berguna utk transportasi...
    Terima kasih sudah berbagi info sobat

    BalasHapus
  4. .. wachhhhhh,, te oue pe nich. namun aq nich kurang paham ttg rante ato mesin^ gitu. jadi aq sich slalu minta tolong ma adek. he..86x ..

    BalasHapus
  5. saran yang harus diterapkan saat berkendara dengan memnggunakan sepeda motor nich :)

    BalasHapus
  6. siiiaap gan...
    kunjungan perdana saya disini,,saya tunggu kunjungan balasannya.. ^_^

    BalasHapus
  7. Artikel yang sangat bermanfaat Saya akan praktekan. Saya pake motor sejak tahun 2005 sampai sekarang baru nabrak 2 kali, dan 1 kali terpeleset

    BalasHapus

Sempatkan Waktu Untuk Berkomentar
Komentar anda salah satu penunjang keberlangsungan blog ini.
WARNING!!!! jangan meninggalkan link hidup/Spam,Atau sejenisnya.
Terima kasih atas supportnya.

Random post

Entri Populer

Archive