Home » » Keterampilan Berbicara

Keterampilan Berbicara

Beberapa waktu lalu saya pernah posting cara supaya mudah ngobrol di sini,Nah sekarang saya mencoba untuk melanjutkannya karena tulisan yang terdahulu masih belum selesai,semoga sobat semua tidak bosan untuk membacanya.Yuk kita langsung ke topik!
 Cara supaya mudah ngobrol kita juga harus termpil dalam berbicara.
Bagaimana cara mempraktekan keterampilan berbicara?
Begini:mgomong dengan orang lain itu kayak main lempar-tangkap,satu orang mulai dengan melemparkan bola kepada orang yang lain,dan orang itu melemparkannya kembali.Sederhana,dan di kerjakan bareng-bareng.


ziczoor blog
      Misalkan sobat melempar bola ke seseorang,dan orang itu nggak melemparnya kembali,mungkin dia menyimpannya,melemparkannya ke orang lain,atau mengabaikan sobat sama sekali.
Apa yang terjadi?,kamu merasa di cuekin (emang enak?-bt kali ya),terluka,atau heran.Kamu nggak lagi menjadi bagian dari permainan itu.Sama halnya,sobat juga akan merasa  "keluar dari permainan" ketika orang ngga lagi "bermain lempar tangkap" denganmu dalam obrolan.
      Ngobrol itu keterampilan interaktif.Satu orang mengimbangi perkataan orang lain.Kalau orang mengerti aturan permainan,setiap orang bersensng-senang dan berkesempatan untuk main.

      Kiat ini bisa membantumu meningkatakan keterampilan mengobrol:
1.Pandanglah orang yang sobat ajak bicara.Hal sederhana ini sangat penting.Cara terbaik untuk memulai interaksi apa pun adalah dengan kontak mata.
     Dengan memandang  lawan bicara,sobat menunjukan kalau sobat itu percaya diri,tertarik,dan memperhatikan.Sobat juga akan lebih memahami perkataan orang itu.Dan oraang lain cenderung mempercayai orang yang mempun yai keyakinan diri untuk memandang mereka langsung di mata.
Manfaatnya besar,padahal tindakannya sederhana bukan?
     Hanya saja,pastikan kamu nggak melotot,mengerdip,atau berekspresi negatif.Usahakan memandang orang itu seperti sobat memandang sesorang teman,dengan begiru sobat alan merasa lebih tenang.

Dari segala yang sobat
kenakan,ekspresi wajahlah
yang paling penting.

2.Santai saja waktu ngobrol dengan orang lain-aatau setidaknya kelihatan santai.Ada banyak perilaku yang menunjukan sobat gugup atau tegang.Pastikan sobat nggak memandang ke arah atau ke lantai,mengamati tanganmu,gelisah,menggigir kuku,menguap,atau memindah-mindah kaki.Orang mungkin menganggap sobat kasar atau nggak sopan,tidak memperhatikan,atau cuek.
MestinyaSobat menganggukan kepala.Senyum (asal jangan senyum-senyum sendiei,nanti di sangka kurang waras-he..he..),atau ucapankan sesuatu untuk menunjukan kalau sobat itu mendengarkan.kalau sobat gugup,tarik napas dalam-dalam sebelum sobat mulai bicara..Yang paling penting,ekspresi wajah yang menyenangkan memperlihatkan kepada orang lain bahwa sobat percaya diri dan gembira.Ayo,nggak boleh memble.

3.Jangan menyela atau memonopoli percakapan.Kalaupun sobat terburu-buru mau mengatakan sesuatu,tunggulah lawan bicaramu selesai berbicara.Kalau sobat ngomong,dorong dia mengutarakan pendapatnmya dengan menanyakan "Bagaimana  menurutmu?" Hal ini dengan sopan mendorong lebih banyak percakan.Orang suka dilibatkan dalam pembicaraan,dan nggak ada yang suka ngomong dengan orang yang "tahu-segala".


Memang bagus menahan
omongan,tetapi sobat harus
melepaskannya sekali-sekali.
4.Nanya dong! Banyak percakapan dimulai dengan satu orang bertanya kepada yang lain.Sobat dengan banyak teman setiap hari.mereka mungkin menjadi calon orang ngobrol dengan sobat.Berusahalah.Orang memberikan sinyal yang menunjukan keterbukaan.Carilah orang yang ribut atau orang yang mengolok-olok yang lain.
       Belajarlah mengajukan pertanyaan yang membutuhkan jawaban lebih dari " ya" atau "tidak".Jika sobat dulu sukar bertanya karena sobat gugup,pikirkan kemungkinan lain.Tanyakan pendapat orang lain.
Pendapat memeberi sobat masukan tentang seseorang.Tapi,kalau sobat meminta pendapat,pastikan sobat betul-betulingin mendengarkannya.Sobat akan kelihatan lebih menarik kalau sobat benar-benar tertyarik!Perhatikan kejadian-kejadian di lingkungan.dan tanyakan pendapat lawan bicaramu.Tanyakan makanan kesukaan,olahraga,atau hobi seseorang.Misalnya,sobat bisa menanyakan, "Kamu paling suka makan di mana?" atau "Acara Tv apa yang paling kamu suka?"
      Tanyakan hal-hal yang umum-umim saja dan gtampang di jawab.Sobat bukan mencari calon suami/istri atau kata kunci perdamaian dunia;sobat hanya ingin memulai percakapan.Selali pastikan untuk tidak mengajukan pertanyaan yang telalu pribadi.Sebab bisa-bisa spbat malah dapat musuh,bukannya teman.
       Kalau seseorang menjawab dengan meminta sobat untuk nggak ikut campur,katakan maaf,lalu tinggalkan dia.jangan berusaha menjelaskan maksud sobat.Mungkin sobat memilih waktu yang salah atau orang yang salah.Contohnya,waktu sekelompok  kawan yang nggak sobat kenal lagi kumpul-kumpul ,ketawa-ketawa dan bersenda gurau,mungkin bukan gagasan yang bagus untuk berusaha bergabung dengan mereka.Mereka mungkin menganggap sobat mencoba "memotong" pembicaraan mereka.Biasanya,lebih baik memulai percakapan dengan satu orang,dari pada kelompok yang sudah "jadi".
       Tapi,biasanya menunjukan ketertarikan dengan mengajukan pertanyaan merupakan cara bagus untuk memulai penbicaraan.Jangan harap langsung mencari sahabat bail; tujuanmu cuma supaya bisa ngobrol dengan lebih baik dengan orang lain.Orang akan membuka lebih banyak tentang dirimya jika mereka merasa nyaman ngobrol denganmu,dan bisa jadi,hubungan yang akrab akan terjalin.Tetapi pertama-tama,omongan mestilah ringan dan nggak resmi.

Nah sobatku itulah empat poin didalam kita berinteraksi didalm keterlibatan kita untuk memudahkan berbicara.Untuk keterangan selanjutnya tunggu saja sambungan sari tips sosial ini untuk memudahkan kita dalam cara bergaul yang baik.Lain waktu bisa kita lanjutkan kembali,semoga bermanfaat.


12 komentar:

  1. tapi jangan kelewatan gan, pasti bakal jadi cerewet . . .

    BalasHapus
  2. Makasih sahabat atas berbagi tipsnya bagaimana melatih ketrampilan berbicara dengan orang lain

    BalasHapus
  3. @sahaqkillyou:yah begitulah resikonya sob kalau mem,ang kita menyadarinya,tetapi orang juga pasti sadar akan sikap kita yang kalem tapi pasti.barangkali itu tergantung yang kita hadapi.terima kasih.

    BalasHapus
  4. berbicara ternyata sebuah ketrampilan, jadi perlu diasah dan kikembangkan, karena tidak semua orang bisa melakukannya, trims gan sharingnya

    BalasHapus
  5. @Ferry Nurse:betulsob,karna bicara juga bisa jadi bumerang.makanya kita harus bisa menata calon kata-kata yang mau keluar.ya sama-sama sob.

    BalasHapus
  6. @Muro'i El-Barezy:ya kang bahasalah yang membuat kita berinteraksi,baik benar ataupun salah,maka pertimbangkan sebelum kita mengeluarkannya.sama sama kang.

    BalasHapus
  7. ketrampilan berbicara itu sangat bermanfaat bagi pekerjaan saya :)

    BalasHapus
  8. gampang-gampang susah untuk hal satu ini, saya keseringan hanya jadi pendengar ajah Kang.
    nuhun tips nyah

    BalasHapus
  9. @BlogS of Hariyanto:terima kasih sob sudah berkunjung,atas supportnya.

    BalasHapus
  10. @pepep:mungkin itu juga sikap yang bagus bagi sebagian orang sob,karna diam itu emas,dari pada nimbrung tapi salah.tapi alangkah baiknya akang mengeluarkan pendapat yang bisa mengimbangi topik yang di bahas.terima kasih atas kunjungannya.

    BalasHapus
  11. I like it! Dari point perpoint yang ada memang benar adanya ya karena pernah baca juga sebelumnya hehe thanks atas Ilmunya semoga membawa manfaat bagi yang baca (Termasuk saya) ^_^

    BalasHapus
  12. @Suhendri Mr:sama-sama sob,terima kasih atas kunjungannya.

    BalasHapus

Sempatkan Waktu Untuk Berkomentar
Komentar anda salah satu penunjang keberlangsungan blog ini.
WARNING!!!! jangan meninggalkan link hidup/Spam,Atau sejenisnya.
Terima kasih atas supportnya.

Random post

Entri Populer

Archive