Home » » Ini Baru Namanya Gaul!

Ini Baru Namanya Gaul!

tipsIni baru namanya gaul;.Bergaul dengan orang lain kedengarannya mudah.Padahal,sebenarnya nggak juga.Manusia adalah makhluk yang luar biasa rumit.Yang sebagian sifatnya sulit di jelaskan .Semua orang punya kepribadian unik,cara-cara yang berbeda dalam memandang sesuatu,dan lingkungan yang berbeda-beda yang membentuk diri mereka.Sebagian orang membuat orang lain mudah mengenal dan menyukainya,sementara yang lain membuatnya sangat sulit.Apa sih pentingnya belajar bergaul dengan orang lain?Banyak rasa suka atau duka yang kamu alami dalam hidupmu akan bergantung pada beberapa berhasil kamu berinteraksi dengan orang lain.Prang lain ini bukan hanya kenalan,teman,dan sahabat seperti yang sudah kita bicarakan.melainkan juga orang asing.Kalau interaksimu dengan orang lain positif,hidup akan berjalan lebih mulus bagimu.Begitu pula sebaliknya.Kalau kamu tidak bisa bergaul dengan orang lain,hidup bakal lebih sulit.
     Bergaul dengan orang lain nggak berarti berpura-pura atau "menjilat".Perilaku itu dilakukan oleh manipulator egois,yang hanya menginginkan imbalan.Lambat laun,orang akan mengetahui perilaku ini dan menyadari betapa betapa orang itu bermuka dua dan nggak jujur.
     Bergaul dengan orang lain berarti melakukan sesuatu karena kamu peduli dengan orang lain dan menghargai hak dan pendapatnya.Pendek kata,bergaul dengan orang lain artinya memperlakukan orang lain dengan cara yang sama kamu ingin diperlakukan.Ini bukan berpura-pura;ini sekedar menjadi orang baik.
     Mari kita kaji dari sisi sebaliknya.Kalau orang nggak saling bergaul,akibatnya adalah perselisihan,perdebatan,perasaan nggak enak,perkelahian,dan ketegangan.nggak ada yang membangun.


Lucunya,orang akan
berusaha keras agar terlihat
baik---dan tidak banyak
berusaha agar menjadi orang baik


Kayaknya,mustahil bergaul dengan semua orang.Ada orang yang kasar,nggak sopan,agresip,antisosial,atau bersikap negatip.Kamu nggak perlu menghabiskan waktu untuk mengubah mereka atau menjalin persahabatan dengan mereka.Kamu mungkin nggak bisa menghindari mereka,dan kamu nggak mesti menyukai mereka,tapi sangat berguna untuk setidaknya mengetahui cara bergaul dengan mereka.Kalau kamu menunjukan rasa menghargai dan bersikap sopan kepada mereka,mereka mungkin ganti memperlakukan kamu sedikit lebih baik.

Perhatian:Untuk bisa bergauldengan orang lain.Kamu mesti mampu memberikan perhatian positif ke orang-orang.Kalau kamu bersikap penuh perhatian,kamu bisa menemukan cara melakukan yang terbaik di setiap situasi.Dengan menunjukan perilaku yang di sukai dan di terima orang lain,kamu meningkatakan kesempatan untuk "cocok" dengan macam-macam orang.
Lihatlah sekitarmu.Perhatikan orang lain di sekitar.Akan terlihat bahwa ada tiga sikap mendasar yang bisa kamu terapkan terhadap orang lain.Kamu bisa  menghindari mereka,memberi perhatian negatif,atau memberi merekla perhatian positif.Kamu bisa melihat perilaku ini di jalankan setiap hari,di semua situasi.
    Bagaimana seseorang menghindari orang lain? Dia mengabaikannya.
Dia tidak berbicara atau menanggapi mereka.Dia juga bisa menghindari situasi yang memungkinkan dia harus bersama orang itu: pesta,atau kegiatan bersama lainnya.
Kamu nggak mungkin bisa memperhatikan seseorang kalau kamu nggak berada di sekitarnya.itu artinya,kamu juga nggak bakal pernah belajar bergaul dengannya.
   Lalu,ada perhatian negatif.Kamu mungkin melihat seseorang mengolok-olok orang lain,mengatakan sesuatu yang jahat,memulai desas-desus,memicu perkelahian,bertengkar,atau mencebbikan muka.Ini cara pasti memberi orang lain perhatian negatif.
  Para remaja tahu cara memberi orang dewasa perhatian negatif-mengeluh,membelalakan mata,mengangkat bahu,mengeluarkan perkataan kasar,tidak mematuhi perintah.
Perilaku ini merupakan tanda jelas sikap tidak menghargai dan tidak menyukai,dan kesemuanya itu tidak membantumu bergaul dengan orang dewasa.Memberikan perhatian negatif kepada seseorang biasanya menimbulkan lebih banyak masalah.
Perasaan orang itu terluka,lalu dia melakukan sesuatu untuk membalasnya,dan lingkaran setan itu terus berlanjut.Sukar dipahami kenapa orang memilih hidup dengan kekacauan seperti itu,Selalu berselisih dengan orang lain.Bagaimana dengan memberi perhatian positif?Hal ini membuat orang lain merasa senang dan di hargai.Untuk itu,tidak diperlukan lebih banyak usaha dibanding hal-hal negatif tadi,pada diri kamu serta pada diri lawan bicaramu.Waktu seseorang berusaha bergaul dengan orang lain ,ada rasa tenang dan kerja sama,bukan ketegangan yang akan muncul ketikla orang tidak peduli dengan orang lain.

Nah sobat blogger itulah beberapa topik yang kita bahas kali ini yang mengambil tema Ini Baru Namanya Gaul!, mudah-mudahn bermanfaat.


8 komentar:

  1. pergaulan memang sangat menentukan perilaku hidup kita, jadi bergaullah yang positif, nice kang

    BalasHapus
  2. DENGAN BERGAUL WAWASAN SEMAKIN TERBUKA.

    BalasHapus
  3. Motivasi pergaulan yang mantap,makasih sudah berbagi,salam.

    BalasHapus
  4. asik kang artikelnya, bersikap negatif memang harus dibuang jauh-jauh.

    wilujeng wayang kieu Kang

    BalasHapus
  5. @Icah Banjarmasin:betul bang,terima kasih sudah berkunjung.

    BalasHapus
  6. @pepep:kalau di telaah pasti asyik kang,betul apa kata akang.

    BalasHapus

Sempatkan Waktu Untuk Berkomentar
Komentar anda salah satu penunjang keberlangsungan blog ini.
WARNING!!!! jangan meninggalkan link hidup/Spam,Atau sejenisnya.
Terima kasih atas supportnya.

Random post

Entri Populer

Archive