Home » » 9 Keterampilan Sosial Yang Diperlukan

9 Keterampilan Sosial Yang Diperlukan

9 Keterampilan Sosial Yang Diperlukan.Coba kuasai satu per satu. Semakin sering sobat menggunakannya,semakin ia menjadi bagian-bagian dari dirimu.Tiap-tiap keterampilan di bagi lagi ke dalam langkah-langkah; juga disertakan petunjuk mengenai melakukan setiap langkah.Raihlah!.

1.Mengikuti Perintah
2.Menerima kata tidak
3Memuji
4.Menerima pujian
5.Memperkenalkan diri
6.Tidak menyetujui dengan cara yang tepat
7.Menunjukan rasa hormat
8.Menunjukan kepekaan terhadap orang lain
9.Menerima kritikan.


keterampilan bicara

1.Mengikuti Perintah
1.Pandanglah orang itu.Ini menunjukan sobat memperhatikan dan akan membantumu memahami suasana hatinya.Jangan sampai sobat bersikap cuek.Pandang oran itu seakan-akan kalian berteman.jangan menatap lekat-lekat,atau membelalak.
2.Katakan "ya".Dengan begitu orang itu tahu kalau sobat itu mengerti.Cepat jawab pertanyaannya.Bicaralah dengan jelas,lalu tersenyumlah dan anggukkan kepalamu (kalau perlu).

3.Segera lakukan tugas yang di minta.Sobat lebih mungkin mengingat dengan tepat apa yang harus dilakukan kalau sobat melakukannya segera ( begitu di perintahkan ).Selesaikan setiap langkah tugas itu,dan lakukan sebaik mungkin.Kalau ada masalah ,mintalah bantuan.

4.Periksa kembali.Dengan demikian orang itu tahu bawa sobat sudah mengikuti perintah.Kasih tahu dia begitu sobat  selesai.Jelaskan dengan tepat apa yang harus sobat lakukan,dan tanyakan apakah tugas itu sudah dilakukan sebagaimana mestinya.Perbaiki apa-apa yang belum tepat.

2.Menerima Kata "tidak"
1.Pandanglah orang itu untuk menunjukan bahwa sobat memperhatikan.Ini juga akan membantumu memahami apa yang di katakan lawan bicara sobat itu.Jangan melotot,cemberut,atau memandang ke orang lain.Kalau sobat kecewa,kendalikan emosimu.Berusahalah untuk tenang.

2.Katakan " baiklah".Dengan begitu orang itu tahu bahwa sobat mengerti .Langsung jawab pertanyaan yang di ajukan dengan suara yang jelas.Jangan mengumam,terdengar marah,atau mulai mendebat.Hal itu bisa menimbulkan lebih banyak masalah.Ambil napas panjang kalau sobat merasa kecewa.

3.Dengan tenang tanyakan alaannya kalau sobat betul-betul tidak paham.Orang akan mengira sobat serius ingin mengetahuialasannya kalau sobat bertanya dengan tenang.Jangan terus bertanya kalau sobat sudah dijawab.Jangan selalu menanyakan alasannya setiap kali,sebab sobat akan dianggap tukang protes.

4.Kalau sobat nggak sepakat,bicarakan nanti.Kalau sobat langsungmenyatakan ketidaksepakatan,sobat akan kelihatan mendebat.Sediakan waktu untuk merencanakan cara sobat mendekati orang yang berkata "tidak".Pastikan sobat mengucaokan terima kasih karena orang itu telah mau mendengarkan.

3.Memuji
1.Pandanglah lawan bicara sobat dan senyumlah.Ini memulai interaksi dengan nada positif.

2.Berbicara dengan suara jelas,antusius.Antusiusme menambah "bumbu" perkataanmu.Pujian kehilangan ruhnya kalau sikap sobat menyiratkan sobat tidak bersungguh-sunguh.

3.Katakatakan pada orang itu apa tepatnya yang sobat sukai.Menyebutkan secara spesifik akan membuat sobat lebih yakin dan mengurangi kemungkinan salah ucap.Memperhatikan apa yang dilakukan orang itu dengan baik akan membuat sobat tampak seperti seorang yang ramah dan perduli
.
4.Jangan berlebih-lebihan.Berikan pujian singkat.

5.Beri waktu orang itu untuk bereaksi terhadap pujianmu. Jangan bergegas beralh ke topik lain.Kadang-kadang orang nggak tahu harus ngomong apa,Jadi jangan berharap mereka akan segera menangapi.

4.Menerima Pujian
1.Pandang orang itu.Ini menunjukan bahwa sobat tertarik dengan isi pembicaraan orang itu.Ini juga membuat dia merasa lebih nyaman berbicara dengan sobat.

2.Jangan memindah-mindah kaki atau malu-malu.Kalau sobat merasa nggak nyaman ,lawan bicara sobat juga akan merasa begitu.Tarik napas dalam-dalam kalau sobat gugup.

3.Gunakan suara yang menyenangkan.Hal ini akan menunjukan keramahan dan keterbukaan.

4.berterima kasihlah kepadanya.Jangan membuang-buang waktu untuk bertanya-tanya kenapa seseorang memujimu; hargai saja kenyataanbahwa seseorang menyemparkan diri untuk mengatakabn sesuatu menyenangkan kepadamu.Ada beberapa cara untuk berterima kasih kepada seseorang.Tunjukan rasa menghargai: "terima kasih banyak" atau "terima kasih sudah memperhatikan". Balas memuji: "Kamu juga hebat."Setuju: "Aku senang sekali dengan hal ini.Aku sedang berusaha keras untuk itu." (Tapi jangan berlebihan.Kedengarannya sobat menyombingkan diri kalau sobat mengatakan, "yah, Aku memang hebat,ya nggak?)

5.Memperkenalkan Diri
1.pandang orang itu dan tersenyumlah.Ini memberikan nada bersahabat untuk mengawali percakapanmu dan merupakan cara untuk menunjukan bahwa sobat betul-betul ingin berkenalan dengannya.Demgan sopan,buat orang itu memperhatikan  sobat.Jangan menatap lekat-lekat atau cemberut; melainkan pandang orang itu seakan-akan kalian berteman.

2.Gunakan suara yang menyenangkan.Sobat akan memberi kesan baik kalau sobat tampak ramah.Berbicaralah dengan jelas dan cukup keras supaya kedfengaran'tapi jangan teriak.Gunakan tata bahasa yang tepat,dan hindari kata-kata slang.

3.Sebut nama sobat.Orang perlu tahu siapa sobat.Tunggu saat yang tepat untuk memperkenalkan diri dan sebutkan nama sobat seolah-olah sobat bangga dengannya.Sampaikan informasi lain tentang dirsobat,kalau perlu.Dengarkan ketika lawan bicaramu menyebutkan namanya.

4.Jabat tangannya.Ini cara tradisiobnal untuk menyambut seseorang.Jabat tangannya dengan mantap,tapi jangan remas terlalu keras.Tiga kali goyangan sudah cukup saat bersalaman.Katakan, "Senang berkenalan denganmu,"sambil menjabat tangannya.Pastikan tangan sobat bersih sebelum bersalaman dengan seseorang.(Jika tangan sobat kotor dan nggak mungkin meninggalkan tempat [untuk mencuci tangan],katakam, "maaf ..., dan dengan singkat jelaskan keadaannya.)

5.Saat berpisah,kembali katakan, "Senang berkenalan denganmu."Ucapkan salam perpisahan untuk mengakhiri percakapan dengan nada nada persahabatan.Kembali jabat tangannya,kalau perlu,waktu sobat mau pergi dan sebut namanya ketika mengucapkan salam perpisahan.Ingat namanya kalau-kalau kalian bertemu lagi.

6.Tidak menyetujui dengan cara yangh tepat.
1.Pandang orang itu selama perbincangan untuk menunjukan sobat memperhatikan.Jangan melotot atau mencebik.Perlihatkan ekspresi wajah yang menyenangkan,dan pandanglah lawan bicaramu seolah-olah kalian berteman.

2.Gunakan suara yang menyenangkan .Orang itu lebih mungkin  mendengarkan kamu.Berbicaralah perlahan,dengan jelas,dan gunakan kalimat pendek,yang lebih mudah di pahami.Selama perbincangan,jaga jarak yang nyaman antara sobat dan loawan bicaramu.

3.Nyatakan empati/perhatianmu.Pernyataan seperti "Aku tahu ini tugas sulit"atau"Aku tahu kamu kecewa" dengan ini membuat pembicaraan di mulai dengan awalan positif.Rencanakan apa yang akan sobat  katakan sebelum mulai berbicara.Jika sobat masih merasa nggak enak memulai pembicaraan nantinya,berlatihlah.Diskusikan keprihatinanmu sebagai bagian dari pembicaraan,bukan pertentangan.Tuluslah.

4.Nyatakan secara spesifik apa yang tidak sobat setujui.Menggunakan kata0kata yang nggak jelas bisa membingungkan dan pesanmu nggak sampai.Gunakan sebanyak mungkin informasi terperimci,dan bersiaplah mendukung ucapanmu.Kalau perlulatihlah yang inin sobat katakan.Ingat selalu untuk berpikir sebelum berbicara.

5.Kemukakan alasan.Ketidak setujuanmu akan lebih berbobot kalau sobat memberikan alasan yang kuat.Pastikan alasanmu (satu atau dua alasan sudah cukup) masukakal.Dukung alasanmu dengan fakta dan detail,Kalau perlu.Ingat untuk tetap tenang selama bercakap-cakap.

6.Katakan,"terima kasih".Ini memperlihatkan bahwa sobat menghargai orang itu yang telah meluangkan waktu untuk mendengarkan sobat.Ingat untuk mengatakan " terima kasih",walau sobat tidak mendapat tanggapan yang sobat inginkan.Kalau sobat nggak sopan,orang itu akan suka mendengarkanmu di masa nanti dan akhiri percakapan dengan nada positif .

7.Menunjukan rasa hormat
1.Penuhi permintaan untuk menghentikan kebiasaan negatif.Hal ini memperlihatkan bahwa sobat bisa mengikuri petunjuk dan juga bisa membantu sobat terhindar dari masalah.Akan ada selalu orang yang berwenang atas sobat.Ini menunjukan rasa hormat untuk melakukan apa yang mereka katakan.

2.Tahan diri sobat untuk tidak menggoda,mengancam,atau mengolok-olok orang lain.Hal ini menunjukan sobat mengerti bahwa perilaku ini bisa menyakiti perasaan orang lain.Kalau sobat suka memperolok atau mengancam orang lai,sobat nggak bakal punya banyak teman.

3.Jangan ganggu privasi orang lain.Kadang -kadangorang perli atau ingin menyendiri.Selalulah mengetuk pintu sebelum memasuki kamar seseorang atau ruangan yang pintunya tertutup.

4.Munta izin sebelum menggunakan barang milik orang lain.Sobat tentu punya barang-barang tertentu yang sangat penting bagimu,dan sobat  nggak mau orang lain menggunakannya tanpa izin.Kalau sobat minta izin  menggunakan barang orang lain,sobat memperlihatkan rasa hormat yang sama.Selalu kembalikan barang dalam kondisi yang sama seperti waktu sobat meminjamnya.Kalau ada kerusakan gara-gara sobat,segeralah tawarkan  untuk memperbaiki atau menggantinya.

5.Jangan merusak barang milik umum.Vandalisasi dan merusak barang adalah perbuatan melanggar hukum.Selain mendatangkan masalah,kelakuan itu tidak menunjukan rasa hormat terhadap masyarakat.kecelakaan bisa saja terjadi,tetapi selalu harus di laporkan.Tawarkan untuk mengganti atau memperbaiki barang yang sobat rusak.

6.Jangan mengajak-ngajak orang lain untuk melanggar hukum.Orang akan memandang rendah kalau sobat selalu berusaha memanfaatkan orang lain untuk membuat mereka bermasalah.Kalau sobat memanfaatkan orang lain,mereka nggak akan mempercayaimu.

7.Hindari bertindak menjengkelkan di depan umum.Sobat memberi kesan baik kepada orang kalau sobat menunjukan sobat tahu cara berperilaku dan menggunakan keterampilan sosial di depan umum.Bertindaklah sebaik mungkin.Artinya nggak melakukan hal-hal seperti menyumpah,meludah,dan buang angin alias kentut.

8.Berpakaianlah dengan sopan.Orang dituntut untuk berpenampilan paling baik didepan umun.Kalau sobat memenuhi tuntutan ini,sobat menunjukan bahwa sobat berpikiran dewasa dan memahami aturan masyarakat.Berpakaian yang baik memberi kesan yang baik.Patut-patut dulu waktu memutuskan pakaian baju aoa,sesuakan pilihan oakaianmu dengan acaranya.

8.Menunjukan kepekaan terhadap orang lain
1.Ungkapkan ketertarikan dan perhatian terhadap orang lain,khusunya waktu mereka lagi punya masalah.Kalau sobat membantu orang lain,kemungkinan besar mereka bakal membantu sobat juga.Kalau sobat melihat ada orang yang lagi punya masalah,tanyakan kalau-kalau sobat bisa membantu.Kadangkadang cuma dengan menunjukan sobat peduli sudah cukup membantu orang itu melalui masa sulit.

2.Sadarilah bahwa orang-orang yang cacat berhak mendapatkan rasa hormat yang sama seperti orang lainnya.Kendala fisik atau mental nggak membuat seseorang menjadi rendah.Bantulah orang cacat tanpa mencemooh atau merendahkan.Ini menunjukan sobat percaya semua orang setara,walau sebagian orang memerlukan bantuan ekstra.Selalu siaplah membantu orang cacat dengan melakukan hal-hal seperti membukakan pintu,membawakan barang,atau memberikan tempat dudukmu.Jangan menatap lekat-lekat orang cacat atau berkomentar tentang kecacatannya.

3.Minta maaflah kalau melukai perasaan orang lain atau  menyebabkan kerusakan.Dengan mengatakan sobat menyesal dan minta maaf,sobat menunjukan bahwa  sobat cisa bertanggung jawab atas perbuatan sobat dan bisa mengakui kalau sobat melakukan sesuatu yang salah.Seseorang bisa terluka perasaannya karena sesuatu yang sobat lakukan,tapi bisa juga karena sobat gagal melakukan sesuatu.Contohnya melanggar janji atau tidak membantu seorang anak yang sedang diganggu anak lain.Kalau sibat menyakiti heti seseorang,cepat-cepat minta maaf dengan sungguh0sungguh.

4.Akuilah bahwa orang dari ras,agama,dan latar belakang berbeda berhak diperlakukan sama seperti sobat ingin di perlakukan.Jangan berolok-olok dan berkomentaer kasar tentang warna kulit atau keyakinan seseorang.Sebagian orang memiliki adat istiadat berbeda;sebagian orang  memiliki lebih banyak uang dibanding yang lainnya.Nggak masalah;semua orang harus diperlakukan sama.

9.Menerima kritikan
1.Pandanglah orang itu untuk menunjukan perhatianmu.Jangan melotot,mencibir,atau membuang mjika selama percakapan itu.Dengarkan dengan sungguh-sungguh,ddan berusahalah untuk tidak menyela.Dengan memoerhatiakn,Sobat menunjukan kesopanan,sedangkan dengan membuang muka sobat menunjukan ketidaktertarikan.

2.Katakanlah"ya".Ini menunjukan sobat memahami perkataan lawan bicaramu.Anggukan kepala juga memperlihatkan bahwa sobat mengerti dan masih mendengarkan dengan serius.Gunakan suara yang menyenangkan.jangan bergumam atau  sarkastis.

3.Jangan mendebat.Menerima kritikan tanpa mendebat memperlihatkan bahwa sobat dewasa.Tetaplah tenang.Berusahalah belajar dari apa yang disampaikan orang itu sehingga lain waktu sobat bisa melakukan tugas dengan lebih baik.Ingatlah bahwa orang yang mengkritik itu hanya ingin membantu.Kalau sobat nggak sepakat,tunggulah untuk membahas masalah itu belakangan.Semua keterampilan di atas bisa membuat hidup sobat lebih baik.Gunakan dengan sungguh-sungguh dan sering.sobat mungkin harus memvariasikan sebagian keterampilan ini agar swsuai dengan situasi,tetapi berusahalah dengan jujur.Kalau sobat melakukan itu,sobat akan mendapati bahwa pergaulan sobat dengan orang lain membaik.Sobat juga akan lebih percaya diri dibanding sebelumya.

Nah sobat Zigzoor itulah 9 Keterampilan Sosial Yang Diperlukan yang pernah saya baca di sebuah buku.Yang mana saya tulis dan di share disini,mudah-mudahan saja ada gunanya.terima kasih.


2 komentar:

  1. Yg agak susah adalah menerima kritikan...heheeheheiiii...:(

    BalasHapus
  2. @Ririe Khayan:Betul sekali sob,memang dalam hidup kita paling susah untuk menerima kritikan.terima kasih sob sudah berkunjung.

    BalasHapus

Sempatkan Waktu Untuk Berkomentar
Komentar anda salah satu penunjang keberlangsungan blog ini.
WARNING!!!! jangan meninggalkan link hidup/Spam,Atau sejenisnya.
Terima kasih atas supportnya.

Random post

Entri Populer

Archive